√ [PENGALAMAN] USK Leadership Camp Batch VI - Heyraneey | Talk Less Write More

[PENGALAMAN] USK Leadership Camp Batch VI

 


Postingan Sebelumnya saya pernah menulis kalau saya merupakan salah satu grantee ataupun penerimabeasiswa dari Wardah Scholarship Program yang mana di bawah naungan KSE ataupun karya Salemba empat.

Nah, di KSE ada namanya USK leadership camp yang nuansa campnya ‘semi militer’ diadakan oleh paguyuban KSE USK(Universias Syiah Kuala) dan juga Yayasan Karya Salemba Empat. Kegiatan terdiri dari beberapa hari yaitu hari Jumat, Sabtu, dan Minggu. Hari pertama dimulai dari hari Jumat, tapi sebelum hari Jumat kita sudah harus melakukan persiapan yang banyak banget untuk camp ini yang terdiri dari pakaian, atribut, kemudian hafalan mars, dan pengetahuan-pengetahuan seputar kepemimpinan lainnya.

 


Sampailah kita ke hari pertama yaitu hari Jumat, dimulai dari pukul 6 pagi kita harus berkumpul di gelanggang USK atau  gelanggang mahasiswa Universitas Syiah Kuala ini dekat dengan ICT. Nah, pada pagi hari saya diantar oleh adik saya untuk ke gelanggang. Jarak dari rumah kita itu kurang lebih 30 menit.

Jadi sebelum pukul 6 pagi kita sudah berangkat kira-kira setelah salat subuh kita udah langsung berangkat menembus pagi-pagi buta. Akhirnya sampai walaupun sepertinya saya telat deh, telat 5 menit yaa jauh bangett. Setelahnya kita menunggu untuk pemberangkatan, ini hal yang pertama banget bagi saya pribadi karena saya nggak pernah naik kendaraan yang seperti ini seperti pick upnya PMI dan kita duduk ramai-ramai di belakang  mobil pick up PMI ataupun Palang Merah Indonesia, kemudian setelahnya kita  berbaris terlebih dahulu sebelum kita lanjut ke  agenda selanjutnya. Nah kita melakukan camp ataupun pelatihan yang berlokasi di markas PMI Aceh Besar di daerah Ajun Jeumpet Provinsi Aceh.

 


Ini kali pertama bagi saya untuk berada di daerah ini, lebih tepatnya berada di markas PMI karena saya belum pernah masuk nih ke markas PMI, ternyata sangat bersih dan nyaman. Sebelum kegiatan, kita berbaris, di tengah barisan perut saya sepertinya mulai bersuara, hahaha saya langsung angkat tangan karena lapar, senang banget diberi pisang.

Karena pisang bagus untuk sarapan, bisa menunda rasa lapar yang berkepanjangan juga, dan sudah dimulai seperti semi militer nya, karena suasana mulai sangat formal.

Waktu SMA saya juga sekolah berasrama dan sistemnya seperti semi militer juga jadi ini bukan hal yang terlalu rumit. Namun, selama kegiatan ini kita tidak boleh menggunakan handphone ataupun gawai jadi kebayang dong ya semua aktivitas, kerjaan saya, semua perkuliahan. Nggak bisa kalau  handphone saya ga di tangan nihh eaa, berasa  bos besar haha, dan kebetulan saya di berbagai tempat sebagai ketuanya jadi saya agak sedikit repot jika tidak memegang handphone sehingga  saya harus izin terlebih dahulu. Kalau saat mobilisasi atau perpindahan ruangan seperti kita harus menyanyikan mars KSE USK, Mars KSE Nusantara, lagu Indonesia Raya, dan salam hormat saat ingin masuk ruangan, karena kita mendapatkan materi pelatihannya di ruang aula.

 

Saat ke ruang makan, istirahat  shalat, dan sebagainya itu benar-benar waktunya itu sangat terbatas dan waktunya itu sangat diatur seperti kita masuk ke ruang aula harus adanya salam penghormatan baris-berbaris dan juga mobilisasi menggunakan dan menyanyikan mars. Saat diberikan materi  kita harus duduk siap dan dalam posisi yang siap, tidak boleh tuh ada yang bersender tidak boleh juga ada yang mengantuk, tidak boleh ada yang berbicara satu sama lain, benar-benar harus fokus terhadap materi dan pemateri yang memberikan.

Pertama tentu adanya pembukaan oleh pihak rektorat dan juga pihak alumnii yayasan Karya Salemba Empat setelahnya kita lanjut ke materi-materi yang diberikan selama beberapa hari ini berkaitan dengan kepemimpinan, entrepreneur, Innovation, technology, kemudian materi tentang mental health ataupun kesehatan mental di masa pandemic, dan banyak hal materi-materi yang diberikan cukup bermanfaat, dan yang unik adalah ada satu materi yang cukup mengena di hati saya terkait mental health karena pada waktu itu memang keadaan mental juga tidak benar-benar stabil.

Karena kegiatannya padat banget akhirnya saya drop teman-teman semua hahaha. Iya karena kegiatan itu sampai malam hari kegiatannyaa bahkan sampai dini hari,  jam 1 hingga 2 pagi,  karena memang saya tahu betul badan saya ini tidak bisa dan tidak sanggup untuk begadang, akhirnya saya drop di hari pertama malamnya. Sampai hari ketiga baru saya bisa melanjutkan kembalikan dengan maksimal, cukup sangat seru karena kebersamaan juga banyak hal-hal yang menyenangkan.



 Saya sudah lama sekali tidak mendapatkan nuansa seperti ini, terakhir saat ikut kemah pramuka ataupun Persami dan di sekolah asrama. Hari terakhir itu diisi dengan kegiatan di lapangan Blang Padang, itu cukup menyenangkan juga karena kita beramai-ramai membawa segala persiapan barang-barang kita dari markas PMI ke Blang Padang dan hari ketiga juga hari terakhir camp, kita pulang masing-masing.

Hal yang membuat saya pusing adalah setelahnya saya UAS atau pun ujian akhir semester, tiga mata kuliah yaitu mata kuliah humaniora, mata kuliah neuromuskuloskeletal, mata kuliah riset kedokteran.  Intinya banyak banget UAS-nya sehingga setelah camp bukannya saya istirahat tapi saya harus belajar lagi, hiks realita anak kedokteran. Mungkin cukup sekian gambaran singkat tentang Leadership Camp kali ini, kalau mau tau lengkapnya join jadi beswan nyaa xixixi!


note:

Dokumentasi pribadinya hanya ada pas di Blang Padang, hiks.

Raneey

Get notifications from this blog

Halo! Terima kasih sudah membaca.