[PENGALAMAN] Lulus SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri)







Pengalaman Lulus SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri)


Hai, semoga kalian baca ini bisa sedikit tercerahkan dengan SNMPTN yang merupakan jalur surganya para anak kelas 12 SMA. Tahun lalu Rani juga udah ngikut SNMPTN dan Alhamdulillah LOLOS di Pilihan yang kedua. Walau sempat galau selama satu minggu Karena pilihan kedua itu beda jauh dengan pilihan yang pertama, but here I am!.

1.       Sesuaikan nilai rapor dengan realita!
Jangan ekspektasi terlalu tinggi! Intinya SADAR DIRI! Kenapa ini penting banget? Jelas banyak banget anak SMA yang bermimpi kuliah di PTN favorit namun nilai rapornya itu tidak sesuai dengan ekspektasi dari pihak Univ. biasanya kalian bisa minta ke guru BK atau pihak sekolah ini biasanya tiap sekolah dibagikan daftar  nilai minimal dari tiap Univ sesuai dengan prodi. Tapi kabar baiknya nih Rani bakalan nunjukkin nilai rapor  !! Yeay!

2.       Alumni dan kapasitas!
Cari tau jumlah alumni yang pernah lolos jalur SNMPTN di prodi dan Univ yang kalian inginkan. Jika belum ada satu pun, kemungkinan kalian lolos sangat sedikit! Hal ini dikarenakan alumni sangat memengaruhi karena kadar suatu prodi nilai kecerdasan anak didiknya ya dari hasil didikan sekolah asalnya, makanya ini penting banget! Semakin banyak alumni yang ada di prodi yang  kalian inginkan maka akan semakin mudah kalian lolos!

3.       Pilihan yang SAMA dengan teman
Ini juga memengaruhi, jika ada teman yang nilainya diatas kamu dan dia mengambil prodi da univ yang sama dengan kamu dan track record sekolah kamu hanya meloloskan satu alumni setiap tahunnya maka lebih baik kamu mengalah dibandingkan tidak lolos SNMPTN! Boleh saja kalau nekat, tapi apa kamu sudah yakin membuang kesempatan ini sia-sia dan berjuang di SBMPTN? Pikir ulang sekali lagi.

4.       Sertifikat Prestasi
Ini juga akan dilirik oleh univ. hal ini dikarenakan tiap univ pasti butuh anak yang bisa mengharumkan nama lembaga nya di tiap ajang kompetisi, usahakan meletakkan sertifikat yang dari nasional, prov, kab, sekolah, kelas. Itu tingkatannya sebaiknya letakkan sertifikat yang berskala nasional kalo kalian punya.

5.       RESTU orang tua
Jujur ini sangat ngaruh ya, karena saat Rani ikut orang tua Rani tidak restu Rani kuliah di luar kota Rani saat ini. Tapi Rani tetap kekeuh karena ingin mandiri di rantau, tapi pilihan kedua Rani ambil di tempat Rani tinggal saat ini jadilah Rani lulus di tempat yang orang tua  ingin kan :”)

OKE RANI BAKAL NUNJUKKIN RAPOR DAN SERTIFIKAT YANG RANI GUNAIN DI SNMPTN
nilai yang dibutuhkan untuk lolos snmptn
daftar universitas snmptn
snmptn 2018
info snmptn 2019

jurusan snmptn
snmptn.ac.id 2018
rata-rata nilai rapor snmptn undangan 2018
JENG

JENG


Rani berharap kalian tidak menyalahgunakannya ya hehe!







Berikut SERTIFIKAT yang Rani sertakan

Rani sengaja memilih sertifikat yang nasional, karena itu memiliki bobot yang jauh lebih tinggi dibandingkan sertifikat skala daerah. Ini bisa dibandingkan, nah bagi kalian yang masih bingung atau mau konsultasi bisa di komentar atau di kontak yang tertera di blog Rani!






Tidak ada komentar