√ [PENGALAMAN] Lulus SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) - Heyraneey | Sharing is caring

[PENGALAMAN] Lulus SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri)







Pengalaman Lulus SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri)


Hai, semoga kalian baca ini bisa sedikit tercerahkan dengan SNMPTN yang merupakan jalur surganya para anak kelas 12 SMA. Tahun lalu Rani juga udah ngikut SNMPTN dan Alhamdulillah LOLOS di Pilihan yang kedua. Walau sempat galau selama satu minggu Karena pilihan kedua itu beda jauh dengan pilihan yang pertama, but here I am!.

  1.  Sesuaikan nilai rapor dengan realita!                                                                                        Jangan ekspektasi terlalu tinggi! Intinya SADAR DIRI! Kenapa ini penting banget? Jelas banyak banget anak SMA yang bermimpi kuliah di PTN favorit namun nilai rapornya itu tidak sesuai dengan ekspektasi dari pihak Univ. biasanya kalian bisa minta ke guru BK atau pihak sekolah ini biasanya tiap sekolah dibagikan daftar  nilai minimal dari tiap Univ sesuai dengan prodi. Tapi kabar baiknya nih Rani bakalan nunjukkin nilai rapor  !! Yeay.
  2. Alumni dan kapasitas!                                                                                                                    Cari tau jumlah alumni yang pernah lolos jalur SNMPTN di prodi dan Univ yang kalian inginkan. Jika belum ada satu pun, kemungkinan kalian lolos sangat sedikit! Hal ini dikarenakan alumni sangat memengaruhi karena kadar suatu prodi nilai kecerdasan anak didiknya ya dari hasil didikan sekolah asalnya, makanya ini penting banget! Semakin banyak alumni yang ada di prodi yang  kalian inginkan maka akan semakin mudah kalian lolos!
  3.   Pilihan yang SAMA dengan teman                                                                                                Ini juga memengaruhi, jika ada teman yang nilainya di atas kamu dan dia mengambil prodi da univ yang sama dengan kamu dan track record sekolah kamu hanya meloloskan satu alumni setiap tahunnya maka lebih baik kamu mengalah dibandingkan tidak lolos SNMPTN! Boleh saja kalau nekat, tapi apa kamu sudah yakin membuang kesempatan ini sia-sia dan berjuang di SBMPTN? Pikir ulang sekali lagi. 
  4.  Sertifikat Prestasi                                                                                                                          Ini juga akan dilirik oleh univ. hal ini dikarenakan tiap univ pasti butuh anak yang bisa mengharumkan nama lembaga nya di tiap ajang kompetisi, usahakan meletakkan sertifikat yang dari nasional, prov, kab, sekolah, kelas. Itu tingkatannya sebaiknya letakkan sertifikat yang berskala nasional kalo kalian punya.
  5.  RESTU orang tua!                                                                                                                              Jujur ini sangat ngaruh ya, karena saat Rani ikut orang tua Rani tidak restu Rani kuliah di luar kota Rani saat ini. Tapi Rani tetap kekeuh karena ingin mandiri di rantau, tapi pilihan kedua Rani ambil di tempat Rani tinggal saat ini jadilah Rani lulus di tempat yang orang tua  ingin kan :”)

OKE RANI BAKAL NUNJUKKIN RAPOR DAN SERTIFIKAT YANG RANI GUNAIN DI SNMPTN
nilai yang dibutuhkan untuk lolos snmptn
daftar universitas snmptn
snmptn 2022
info snmptn 2022

jurusan snmptn
snmptn.ac.id 2023
rata-rata nilai rapor snmptn undangan 2022
JENG

JENG


Rani berharap kalian tidak menyalahgunakannya ya hehe!


Berikut SERTIFIKAT yang Rani sertakan

Rani sengaja memilih sertifikat yang nasional, karena itu memiliki bobot yang jauh lebih tinggi dibandingkan sertifikat skala daerah. Ini bisa dibandingkan. Nah, bagi kalian yang masih bingung atau mau konsultasi bisa di komentar atau di kontak yang tertera di blog Rani!


Silakan baca tulisan ini juga agar lebih jelas ya





Get notifications from this blog

10 komentar

  1. Hi kak, mau tanya. Aku punya sertifikat juara 2 english podcast tingkat nasional dan juara 1 english speech tingkat kota. Aku mau ambil hukum. Apakah sertifikatku ini nyambung kak? Trus nilai mtk ku pas pasan, tapi yang lainnya tinggi. Di univ yang aku mau.Apa mending aku ambil sastra rusia? Di univ yang kumau, alumni ada yang masuk FH 1 orang, sedangkan sastra rusia gak ada sama sekali. Gimana kata kakak? Makasiih kaak🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Carissa, maaf telat balas ya. Nyambung kok, hukum dan bahasa Inggris memiliki korelasi yang kuat, apalagi jika kamu mau ngambil hukum internasional. Saranku, jangan mencoba-coba milih kalau belum ada alumni yang lolos melalui jalur SNMPTN di jurusan yang kamu mau. Kalau menurutku lebih baik di FH, karena ada alumninya. Kalau ada yang kurang jelas, silakan nanya lagi ya.

      Hapus
  2. Hai kak namaku dian
    Kak mau tanya kalo sama sekali nggak ada sertifikat lomba gimana ya kak? Tetep coba SNMPTN atau nggak? Makasih kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo dian, jika kamu memiliki kesempatan untuk mendaftar SNMPTN tanpa sertifikatpun kamu bisa mencobanya.

      Hapus
  3. halo kak mau tanya, kira kira kalo belom ada alumni di prodi yg kita inginkan, tetep ada ga sih peluang kita masuk ke univ dan prodi tsb? sy msh optimis krn faktor yang lainnya mendukung kecuali faktor alumni :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo, peluang tentu ada. Namun, peluangnya jauh lebih kecil dibandingkan yang memiliki alumni. Dulu, kakak mendaftar di pilihan satu, semua faktor mendukung kecuali alumni.Hasilnya? tidak lulus di pilihan satu. Dan lulus di pilihan dua.

      Hapus
  4. hai kak, berhubung sebentar lagi pendaftaran snmptn, aku mau nanya ni
    kira kira jika saya memiliki 3 sertifikat tingkat nasional (juara 1, finalis, dan medali emas) dan tidak ada sama sekali alumni di prodi yang saya pilih, (tapi ada di fakultasnya 4 tahun lalu) menurut kakak peluangku gimana? soalnya aku disuruh guru ku buat nyoba prodi lain yg ada alumninya biar memaksimalkan potensi tapi aku mau nya pilihanku aja, gimana kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau melihat aturan tahun ini, bahwa yang lolos SNMPTN di-blacklist dan gabisa ikut SBMPTN. Lebih baik kamu ambil di pilihan yang kamu inginkan. Dengan catatan kamu sudah mempersiapkan skenario lain. Yaitu kamu belajar buat SBMPTN. Karena kuliah di tempat yang ga kamu inginkan itu sangat ga menyenangkan. Namun, kalau kamu "hanya ingin lulus SNM" tanpa memikirkan prodi, bisa ikut saran guru kamu ya, tapi kamu harus memikirkan setelahnya juga.

      Hapus
  5. Kak bagaimana cara menghitung nilai rapor semester 1-5

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Lusy, kalau dulu saya menghitung mata pelajaran IPA, semuanya ditambah total per mata pelajaran. Misalnya nilai Biologi dari sem 1 s.d 5 ditambah dibagi 5. jadinya dapat nilai rata-rata per mapel gitu.

      Hapus

Halo! Terima kasih sudah membaca.