Monday, February 11, 2019

[PENGALAMAN] SELEKSI AJANG BEAUTY PAGEANT AGAM INONG DUTA WISATA ACEH BESAR (1)


Dokumentasi Pribadi Rani
    Duta Wisata kerap kali berkaitan dengan Beauty Pageant yang  kerap kali dikaitkan dengan hal-hal tidak sesuai dengan syariah. Benarkah?
Dengan tegas Rani katakan TIDAK! Ya, tahun 2018 merupakan ajang pertama Rani mengikuti kegiatan yang berkaitan dengan dunia pageant. Namun, dari kecil Rani senang banget nonton Putri Indonesia yang merupakan ajang Beauty Pageant tertua dan terbesar di Indonesia. Namun Rani ga akan bahas tentang sejarah Beauty Pageant di postingan kali ini, tapi lebih mau membahas tentang perjalanan seleksi Duta Wisata di tingkat Kabupaten yang sudah Rani ikuti.

                SELEKSI ADMINISTRASI
           Bisa dibilang, Rani adalah peserta termuda yang mengikuti ajang Duta Wisata Aceh Besar. Rani ikut ajang Duta Wisata Aceh Besar pada saat usia 17 tahun, seharusnya usia minimal adalah 18 tahun. Namun, saat tahun 2018 usia Rani berjalan menuju 18 tahun kok! Nah, berkas administrasinya biasa aja kok, jadi jangan takut. Hampir sama dengan ajang apapun yang kalian ikuti di luar kegiatan kampus lainnya. Nah KALIAN BERUNTUNG, Rani mau berbagi berkas administrasinya nih sama kalian. Berkas administrasi itu sebaiknya diisi dalam keadaan tenang dan bahagia. Hal ini dimaksudkan agar berkasnya terkesan tidak asal-asalan dan harus ngisi dengan niat hal ini dimaksudkan agar ketika dibaca saat penjurian akan bagus dan runtut.
                Ini syaratnya saat Rani mendaftar di Duta Wisata Aceh Besar

KETENTUAN/ PERSYARATAN SELEKSI
PEMILIHAN DUTA WISATA KABUPATEN ACEH BESAR TAHUN 2018

Persyaratan Teknis

a.       Pria dan wanita
b.      Warga Negara Indonesia, berdomisili di Kabupaten Aceh Besar
c.       Usia minimal 18 tahun dan maksimal 23 tahun
d.      Tinggi badan minimal 
     Inong 160 cm
     Agam 165 cm
e.       Sehat jasmani dan rohani
f.       Memiliki kemampuan bahasa asing
g.      Belum pernah menjadi finalis duta wisata perwakilan kabupaten/kota lain  
h.      Tidak sedang menjabat sebagai duta di ajang lain
i.        Belum menikah
j.        Melengkapi berkas pendaftaran

 Kriteria / Materi Seleksi Umum

a.       Keterampilan/Potensi diri
b.      Dapat berkomunikasi dalam bahasa Asing
c.       Dapat berkomunikasi dalam bahasa Indonesia dan Aceh
d.      Pengetahuan Umum, Kepariwisataan, Keagamaan, dan Budaya
e.       Etika dan Kepribadian yang baik
f.       Berkomitmen penuh menjalankan tugas selama 1 (satu) tahun masa jabatan sebagai Duta Wisata Aceh Besar 2018

 Persyaratan Administrasi

Persyaratan administrasi Pemilihan Duta Wisata Aceh Besar 2018, meliputi:
a.   Fotocopy Kartu Tanda Penduduk / Fotocopy Kartu Keluarga
b.   Fotocopy Ijazah Terakhir
c.       Surat keterangan berbadan sehat baik jasmani maupun rohani dari dokter.
d.      Formulir pendaftaran (Form disediakan panitia).
e.       Surat pernyataan berkomitmen mengikuti kegiatan Duta Wisata Aceh Besar 2018 (Form disediakan panitia).
f.  Pasfoto 3x4 (warna) sebanyak 2 lembar berlatar biru/merah, dan foto full body ukuran 4R 1 lembar.
g.   Berkas dimasukkan ke dalam Map Biru untuk calon Agam dan Map Merah untuk Calon Inong.

Nah, biasanya syaratnya tergantung ketentuan kabupaten atau kota masing-masing. Nah, sekadar info jika di Aceh kerap dinamakan AGAM (pria)-INONG(wanita) bagi para Duta Wisata Aceh nya nih.
Nah, ini berkas yang sudah terisi

FORMULIR PENDAFTARAN
DUTA WISATA ACEH BESAR TAHUN 2018


I. IDENTITAS

1.
Nomor
:         _________________________ (diisi panitia)
2.
Nama Lengkap
: Rani Salsabila Efendi
3.
Jenis Kelamin
: Perempuan
4.
Tempat, Tanggal Lahir
: Aceh Besar, 11 Agustus 2000
5.
Pendidikan
: Informatika Universitas Syiah Kuala
6.
Alamat Rumah
: XX
7.
Tinggi / Berat Badan
: 165 cm, 49 kg
8.
No. Telp / HP
: XX
9.
E-mail
:XX
10. Nama Orang Tua / Wali
:XX
11. No HP Orang Tua / Wali
: XX
                 

II. PENDIDIKAN

1.      Formal
Pendidikan
Nama Sekolah
Tempat Sekolah (Kota/Kab)
Jurusan / Fakultas
Th. Masuk-Keluar
SD
 MIN LHONG RAYA
 BANDA ACEH

 2006-2012
SMP
 SMPN 19 PERCONTOHAN
 BANDA ACEH

 2012-2015
SMU
 SMAN UNGGUL 10 FAJAR HARAPAN
 BANDA ACEH
 IPA
 2015-2018
AKADEMI




UNIVERSITAS
 UNIVERSITAS SYIAH KUALA
 ACEH
 INFORMATIKA
 2018






2.      Kursus dan Pelatihan
Jenis Kursus / Pelatihan
Tahun
Lama Kursus
Sertifikat
Keterangan
Dibiayai Oleh
Karya Ilmiah
2016
 1 hari
 ada
 Unsyiah
 Motivasi pemuda Mandiri
 2017
 1 hari
 ada
 SMAN 10 Fajar Harapan
Aceh Caroeng, Menuju pendidikan bebas korupsi
 2018
 2 hari
 Tidak ada
 Dinas pendidikan Aceh










   

3.      Kemampuan Berbahasa Asing
    Inggris   : Aktif                       Melayu  :   Aktif                       
                                 

4.      Kemampuan Berbahasa Daerah
                  Bahasa Aceh  : Aktif    
                  Bahasa Sunda : Pasif
                  Bahasa Jawa   :  pasif
                                                                                                 

III.   RIWAYAT KEGIATAN LAIN DAN PENGALAMAN
 

INI DALAM BENTUK TABEL, jadi kalian isi sesuai dengan yang pernah kalian ikuti ya!

1.  Bidang Pendidikan
2.  Organisasi dan Kepemimpinan
3.  Kesenian




Dokumentasi Pribadi Rani



PRESTASI

 

1.          Juara 8 Lomba menulis Akademi Remaja Kreatif Indonesia (ARKI) oleh Kementerian pendidikan dan kebudayaan Indonesia, Jakarta 1-5 Desember  2015 tingkat Nasional

2.          Finalis Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI) oleh Kementerian pendidikan dan kebudayaan Indonesia, Bandung 21-26 September 2016 tingkat Nasional

3.          Juara 2 Lomba Cerdas Cermat Kebahasaan dan Kesastraan Balai Bahasa Provinsi Aceh, 1 Agustus 2016 Tingkat Provinsi Aceh


4.          Juara 1 Lomba Cerdas Cermat Kebahasaan dan Kesastraan Balai Bahasa Provinsi Aceh, April 2017 Tingkat Provinsi Aceh

5.          Juara 2 Lomba Cerdas Cermat Kebahasaan dan Kesastraan Balai tingkat Pulau Sumatra 2017


6.          Juara 3 Astra Honda Motor Best Student  tingkat Provinsi Aceh 2017

7.          Siswi Teladan SMAN 10 Fajar Harapan tahun 2017


8.          Siswi terbaik OPDL Jurnalistik tingkat Kota Banda Aceh 2017

9.          Juara 4 lomba cipta puisi literasi SMAN 10 Fajar Harapan Banda Aceh


10.      Juara 1 lomba menulis artikel “Banda Aceh Kota Kecil Penuh Sejarah” OPDL Jurnalistik  dan dinas pendidikan kota Banda Aceh tingkat Kota Banda Aceh 2017

11.      Juara 1 Lomba menulis puisi literasi SMAN  10 Fajar Harapan 2018


12.      Juara 1 Duta Pelajar Kamtibmas Polresta tingkat Kota Banda Aceh  2016
 

   AKUN MEDIA SOSIAL

1. Facebook : Rani Salsabila Efendi
2. Instagram :  Ranisalsabilaefendi
3. Blog/Website:  heyraneey.com


Dokumentasi Pribadi Rani
                            

INI HAL YANG PALING PENTING SIH SELAIN DATA DIRI YAITU TENTANG DESKRIPSI DAN PANDANGAN DIRI KAMU TERHADAP SUATU HAL!


                Jadi Rani harap kalian nulisnya emang niat, dan gunakan kalimat yang unik dan apik agar terkesan lebih menarik!


1.  Uraikan deskripsi tentang anda :

Saya adalah seorang gadis belia yang baru saja melepas seragam putih abu-abu  dan bertransformasi menjadi mahasiswi Informatika. Gadis yang memiliki hobi menulis segala berita tentang dunia, dan memang menjadi seorang kurir pena lepas untuk instansi pemerintahan. Perjalanan menulis membawa saya mendapat tugas dinas menjadi wakil Aceh dalam kompetisi sehingga dapat menelusuri keindahan Indonesia mulai dari Jakarta, Bandung, hingga lampung. Perjalanan menelusuri pariwisata di Indonesia, menarik minat saya untuk menjelajahi Aceh sambil mempromosikannya dengan cara yang baru dan lebih mengena di hati mayarakat. Kepribadian saya yang mudah bersosialisasi dengan orang-orang baru menjadikan saya sebagai orang yang mudah menjalin komunikasi dan membina hubungan yang baru. Hal itu akan terus saya kembangkan dengan menjadi seorang duta yang cakap dan profesional. 

 2.Alasan dan motivasi anda mengikuti ajang pemilihan Duta Wisata Aceh Besar 2018:

 Pariwisata, salah satu hal yang selalu memotivasi saya dalam mengitari keindahan alam semesta ciptaan Tuhan. Pernah suatu kali saya mendatangi suatu tempat yang tidak pernah terjamah oleh tangan manusia, padahal itu merupakan salah satu sumber pokok sejarah berdirinya Aceh, Balai Ikrar Lamteh. Banyak masyarakat yang belum mengetahui sumber sejarah yang dapat dijadikan sebagai salah satu objek wisata membuat saya tergugah hati untuk turut andil berpartisipasi dalam mengampanyekan tempat wisata di Aceh yang sangat bisa membantu masyarakat baik dalam perekonomian maupun sosial budaya.
Sebagai seorang penulis remaja, objek wisata adalah hal yang menarik untuk dijadikan latar dalam sebuah tulisan. Saya ingin mengeksplorasi objek wisata di Aceh yang tidak diketahui oleh masyarakat luas dalam setiap tulisan saya, dengan menjadi duta wisata hal itu akan lebih memudahkan saya dalam menjelajahi objek wisata yang ada di Aceh dan mempromosikannya dengan cara yang lebih inovatif.

 3.         Harapan yang bisa dicapai dari keikutsertaan anda dalam ajang ini :

Harapan saya dalam mengikuti ajang duta wisata adalah untuk menjadi seorang duta, secara tidak langsung saya ingin berpartisipasi disetiap ajang yang diadakan dalam rangka mempromosikan wisata yang ada di Aceh. Selain itu, saya juga sangat ingin menjelajahi dan bereksplorasi dengan dunia pariwisata di Aceh. Hal itulah yang saya harapkan selain dapat melatih skill  dan bakat yang ada dalam diri saya.

DISINI KALIAN DIWAJIBKAN TANDA TANGAN YA!

Formulir ini saya buat dengan sebenar-benarnya, dan saya bersedia menerima konsekuensi apapun jika di kemudian hari diketahui adanya pemalsuan terhadap data diri saya.

(TTD DAN NAMA KALIAN)





Dokumentasi Pribadi Rani





SURAT PERNYATAAN BERKOMITMEN
MENGIKUTI KEGIATAN DUTA WISATA ACEH BESAR 2018



Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama           :  Rani Salsabila Efendi
T.T.L            :  Aceh Besar, 11 Agustus 2000
Alamat         :   XXXXXX
Dengan ini saya menyatakan sanggup mengikuti dan berkomitmen atas semua rangkaian kegiatan Pemilihan Duta Wisata Aceh Besar 2018 dan kegiatan Pariwisata yang melibatkan Duta Wisata Aceh Besar jika terpilih menjadi Duta Wisata Aceh Besar 2018.
Demikian surat pernyataan ini saya buat dengan sebenar-benarnya. Apabila di kemudian hari saya tidak menjalani tanggung jawab sebagaimana mestinya, saya siap menerima konsekuensi apapun.
                                                                                         (TTD DAN MATERAI 6000)

NAH, jadi itu udah lengkap banget formulir yang Rani isi di saat seleksi Duta Wisata Aceh Besar. Setelah tahap seleksi administrasi ada yang namanya Technical Meeting! Ini tu berkaitan dengan teknis saat wawancara nantinya. Biasanya di seleksi administrasi bakalan lolos semua jika syaratnya LENGKAP! Jika nggak lengkap maka berarti ga lolos! (PART 2 NYA SOON)



Baca selengkapnya
Blogger Perempuan