Heyraneey | Talk Less Write More
Pentingnya Masa Lalu

Pentingnya Masa Lalu

Saya gamau naif..

Ini opini saya jika ada yang berbeda Ya tidak masalah ini kan namanya opini tentu saja pasti akan berbeda satu sama lain. Ini bagaimana cara saya memandang masa lalu, yang saya ibaratkan itu masa lalu bukan selalu negatif. Masa lalu itu juga banyak yang positif, berbeda ya masa lalu dan aib di masa lalu. Masa lalu itu sangat luas.

Kalau nulis pertanyaan ini, masa lalu itu penting sekali sebenarnya.
Mengapa? Penting sekali masa lalunya karena, saya bisa melihat track record seseorang.

Semua orang kan punya masa lalu dan semua orang juga punya masa depan, sayangnya saya nggak bisa tahu masa depan, yang bisa saya tahu hanya masa lalu. Make sense kan.

Memang ada gitu yang pasti di masa depan? Nggak kan ya, saya hanya bisa memprediksi masa depan bukan memastikan masa depan, tapi kalau masa lalu itu udah pasti adanya tanpa harus diprediksi dan di situlah muncul probabilitas yang bisa kita lihat. Namun, perlu diingat bahwa kita tidak boleh mutlak menilai seseorang hanya dari masa lalunya kita tetap harus melihat bagaimana kemungkinan yang akan terjadi dan juga hal di masa sekarang yang telah dilaluinya.


Tapi sayangnya,
Semuanya saya rasa ketika masa sekarang kebanyakan dinilai dari masa lalu nggak sih?

Sederhananya nih nyari pekerjaan yang dilihat adalah pengalaman kerja. Pengalaman kerja didapat dari kapan? Ya dari masa lalu. Maksudnya hal yang udah pernah dilalui, ya nggak sih?

Terus juga mau daftar beasiswa, yang dilihat apa? Masa lalunya juga. Pengalaman, track record, dan juga kegiatan yang impactful.

Kemudian juga kalau nyari pasangan yang dilihat apa, bagaimana masa lalunya juga.

Seperti kegiatannya apa aja kerjaannya di mana kuliahnya di mana background keluarganya seperti apa, bahkan kayaknya hampir semua dinilai dari masa lalu deh, ya nggak sih?


Oh mungkin konotasi masa lalu ini selalu yang negatif ya? Kayak aib ataupun hal-hal yang tidak patut?

Masa lalu itu nggak selamanya buruk, masa lalu juga banyak baik.

Coba deh nih yang kayak pas pemilihan gubernur misalnya, yang dinilai, dicari celah, dikulik, diintai, apanya ya masa lalunya dan janji yang belum pasti di masa depan!

Dinilai juga pernah korupsi nggak, pernah ada tindakan kriminal nggak, pernah melakukan hal yang tidak terpuji nggak.

Begitu, nah kita harus ingat nih masa sekarang itu akan menjadi masa lalu di masa depan.

Jadi kalau kita ingin punya masa lalu yang baik, maka kita harus membuat masa sekarang menjadi masa yang baik gitu.

Supaya track recordnya juga baik gitu, nggak hanya untuk diri kita, tetapi untuk lingkungan, keluarga, dan juga kalau seorang muslim juga dengan akhirat juga.


Jadi masa lalu itu sangat penting bagi saya, apalagi pasangan, pertemanan, kolega kerja, sama sejawat, teman belajar, semuanya.

Saya juga menilai masa lalunya karena masa iya sih, kamu nggak khawatir kalau misalnya temanmu itu seorang yang pernah membunuh orang lain? Misal seorang psikopat.

Kamu yakin nggak akan menilai referensi itu? Dengan dalih itu masa lalunya. Iya karena masa lalunya seperti itulah harus lebih waspada.
Begitu juga jika dinilai sebagai seorang yang sangat dermawan, baik, memangnya kamu yakin nggak akan memilih dia sebagai pasangan?

Masa lalu itu bisa berulang makanya kita belajar sejarah. Kita memegang kendali, menciptakan masa lalu yang baik, masa depan yang cerah, dan masa sekarang yang bahagia.


Nah, kalau misalnya berkaitan dengan aib, aib itu adalah sesuatu yang mungkin buat malu seseorang dan dia sekarang sudah bertaubat sudah berubah dan tidak seperti itu lagi, malah bagus. Keren, hebat. Bukankah itu suatu kemajuan yang besar.

Menciptakan masa lalu yang baik itu penting, makanya harus dijaga itu.

Tulisan saya sekarang ini pun bisa menjadi masa lalu saya di masa depan, komentar teman-teman di postingan pun akan menjadi masa lalu di masa depan, jadi kita memegang kendali di masa sekarang untuk menciptakan masa lalu yang baik, menciptakan jejak yang baik dan terus berusaha berbuat baik.

Inovasi, Kolaborasi, dan Peduli Bersama Paragon untuk Indonesia yang Lebih Berseri

Inovasi, Kolaborasi, dan Peduli Bersama Paragon untuk Indonesia yang Lebih Berseri

 

Paragon selalu punya cara untuk menghadirkan gebrakan-gebrakan inovasi di Indonesia. Salah satunya adalah PIS (Paragon Innovation Summit) 2.0. Paragon Innovation Summit 2.0ini diadakan secara virtual dengan tetap membawakan offline event experience. Berkeliling di tiap booth yang disediakan, seperti berada langsung di arena acara.

Jadi saya ya ikut menyimak di sesi innovation talk, Paragon Innovation Summit 2.0. Pada sesi Innovation and Collaboration In Learning To Accelerate Transformation, sesi ini menghadirkan  pembicara perempuan yang sangat inspiratif, saya juga mendapat banyak sekali insight positif  salah satunya adalah esensi sekolah harusnya menyenangkan. Kenapa? Karena di sekolah harusnya menjadi tempat belajar yang sangat menyenangkan bagi murid-muridnya.


Sekolah bukanlah tempat yang menyeramkan, menakutkan, apalagi mematikan. Namun, faktanya banyak  anak-anak takut dan  malas ke sekolah, karena apa? Lingkungan yang membuat mental anak menjadi down. Mungkin kita pernah tahu atau mengalami  fenomena kalau mendapatkan nilai jelek akan diumumkan di depan kelas, secara tak langsung seolah dipermalukan. Harusnya kita mampu bersikap dan memotivasi siswa tidak minder. Namun, sayangnya budaya kita cenderung membuat malu ataupun mempermalukan siswa yang nilainya jelek tadi.

Ini menjadi momok yang menakutkan bagi setiap siswa apalagi jika di pelajaran yang tidak disenanginya. Nah, sebagai calon innovator masa depan, kita lah yang akan menjadi agen perubahan hal ini. Selain itu, reformasi dalam pendidikan sangat penting juga kolaborasi dalam bidang pendidikan, ini penting dipaparkan bahwa esensi pendidikan adalah untuk masa depan. Oleh karena itu, mempelajari sesuatu hal baru, seyogyanya kita mempelajari hal-hal untuk membangun masa depan yang lebih baik. Dibutuhkannya inovasi-inovasi itulah yang membuat kita bisa survive di masa yang akan mendatang inovasi sendiri tidak hanya berasal dari dalam diri, inovasi juga bisa didapatkan dengan kolaborasi.


Inovasi tanpa kolaborasi akan stuck sendiri, kolaborasi hal  yang bisa kita lakukan dengan para innovator. Kolaborasi ini bisa membuat banyak hal dan gebrakan baru untuk berinovasi yang lebih maksimal.

 Trust our perspective  

Harus diingat inovasi adalah kemampuan untuk beradaptasi yang harus dilatih, butuh empati dan rasa peduli untuk bisa menciptakan inovasi. Karena inovasi muncul dari suatu masalah yang ingin kita selesaikan untuk menciptakan masa depan yang lebih baik.

 PIS (Paragon Innovation Summit) 2.0 dilangsungkan selama dua hari, pada hari selanjutnya yaitu hari kedua tak kalah menarik dengan materi pada hari pertama.  Sebagai seorang mahasiswa kedokteran ada pemaparan  yang cukup sangat menarik perhatian saya, yaitu Innovative Strategies In Realizing  Equitable Distribution Of Healthcare In Indonesia. Di Indonesia ada beberapa hal menarik yang saya dapatkan dari materi berkaitan hal ini yang pertama dari dokter Mesty Ariotedjo yaitu tidak meratanya fasilitas kesehatan juga tenaga kesehatan di Indonesia, dan ini memang menjadi permasalahan utama yang menjadi perhatian.


Hal ini juga menjadikan momok yang sangat penting, persebaran dokter berpusat di kota-kota besar. Jarang sekali, pemerataan di daerah-daerah yang terpencil. Begitu juga dengan fasilitas kesehatan, fasilitas kesehatan yang cukup dan memadai, tersedia di kota-kota besar di tempat yang terpencil itu jarang memadai. Tersedianya fasilitas kesehatan yang memadai seperti pemaparan dokter Mesty yang mana pada saat diperlukan tindakan kejut jantung, alat kejut jantung tersimpan di gudang, tidak digunakan dan saat ingin dilakukan tindakan pada pasien menggunakan alat kejut jantung,  arus listrik tidak memadai, padam.

Ini harusnya menjadi perhatian besar kita, karena memang tindakan kejut jantung sangat diperlukan untuk mencegah adanya henti jantung yang berujung kematian. Bisa dibayangnkan berapa banyak kasus kematian yang terjadi karena fasilitas dan juga tidak tersedianya listrik yang memadai.


Hal menarik lainnya yang saya dapatkan dari sesi ini adalah, sesi dr.Andani yang menceritakan bagaimana perjuangan dokter Andani untuk mewujudkan swab PCR secara gratis untuk masyarakat Sumatera Barat yang mana berinovasi mengembangkan laboratorium tersendiri, juga menjadi seorang leader yang berinovasi untuk maju. Sangat menarik yang mana mahasiswa kesehatan ikut dilibatkan dalam penanganan dan juga pemeriksaan di Lab laboratorium di Sumatera Barat pada awalnya menceritakan bahwa banyak yang takut untuk bergerak dan dokter Andani maju sebagai seorang leader menunjukkan bahwa kita harus senantiasa percaya pada Tuhan, setiap kebaikan yang kita lakukan akan dibalas oleh Yang Maha Kuasa.

Kegiatan PIS (Paragon Innovation Summit) 2.0. yang berlangsung dua hari ini, memberikan banyak wawasan positif juga sensasi yang luar biasa bagi saya, tak lupa saya pun menyambangi seluruh booth terutama pada photo booth sebagai kenang-kenangan. 


 Paragon mengajak masyarakat untuk bisa memberikan kebermanfaatan melalui inovasi, tidak hanya dalam korporasi namun juga di lingkungan masyarakat yang lebih luas lagi. Semoga saya bisa berkesempatan ikut di agenda Paragon Innovation Summit selanjutnya.



 

[PENGALAMAN] Materi Seleksi Tulis SMAN 10 Fajar Harapan Boarding School Aceh

[PENGALAMAN] Materi Seleksi Tulis SMAN 10 Fajar Harapan Boarding School Aceh

 



Halo assalamualaikum teman-temanhari ini karena beberapa pesan masuk melalui WA setelah membaca tulisan rani yang ini

Rani mau membahas materi-materi apa saja yang keluar pada saat rani tes.

Fyi, untuk  materinya tersendiri itu bisa berubah-ubah tergantung pembuat soalnya.

Hanya saja kalau rani itu 2015 ya. Jadi untuk matematika kebanyakan itu

1.     Geometri

2.     Persamaan kuadrat

3.     Matriks

4.     Beberapa soal tentang himpunan dan perbandingan fungsi kuadrat.

5.     Fungsi linier

6.     Kalau vektor enggak terlalu banyak.

7.     Barisan dan deret ada

8.     KPK dan FPB yang cenderung mudahnya.

Itu tahun 2015, cenderung soalnya seperti itu. Namun, paling banyak adalah fungsi kuadrat.

Kalau untuk bahasa Inggris, yang banyak keluar adalah seperti soal UN pada umumnya UN SMP pada umumnya. Namun, ada juga yang soal setingkat SMA. Kalau untuk yang soal UN, kamu harus banyak banget baca soal yang panjang kan ada tuh soal-soal yang panjang kemudian nyari inti pembahasan misalnya A soalnya itu apa tentang kayak isi bacaan gitu loh.

Soal untuk bahasa Inggris kadang juga nyari misalnya sinonim dari 1 kata ini dan kata yang lain gitu, juga cari misalnya antonim dari kata yang dicetak tebal.

Kalau IPA fisika dan biologi yang banyak keluar itu soal-soal aplikasi. Palingan soal-soal yang misalnya rumusnya itu udah langsung bisa ya kita gunain, kalau biologi paling banyak seinget saya sih biologi lebih ke tumbuhan abiotik biotik kayak materi itu. Kemudian juga ntar beberapa tentang fungsi tubuh, tetapi yang sederhana kalau untuk yang fisika  juga sama kayak begitu juga misalnya kaya listrik kan terus juga kaya soal-soal yang keluar di UN itu kebanyakan kayak begitu, tapi juga ada soal yang misalnya setara Olimpiade SMP.

 

UPDATE tahun 2021

Setelah bertanya pada beberapa yang ikut seleksi tulis tahun ini beberapa gambaran soal yang keluar adalah

Yang pertama itu bahasa Indonesia sama matematika, soal dalam bahasa Indonesia diberi kalimat dalam bentuk paragraph. Terus mencari amanat, ejaan baku dan tidak baku serta  majas.

 Terus kalau Matematika itu sih yang persamaan kuadarat, tentang kubus, tentang balok.

Diberikan  waktu istirahat 10 menit.

Dialnjutkan tes  keduan yaitu  bahasa Inggris sama  IPA fisika dan biologi itu 40 menit 25 soal.

Kalau yang IPA Fisikia materi yang keluar adalah listrik, terus daya tarik menolak, ya terus ada massa. Bahasa Inggris tentang kata yang berkaitan sinonim dan antonym, berkaitan sama paragraph juga. Itu aja sih.

Untuk tahun 2021 tes dilakukan berbasis komputer.

   Bagaimana Cara Menjadi Perempuan yang Tidak Mudah Baper Kepada Lelaki?

Bagaimana Cara Menjadi Perempuan yang Tidak Mudah Baper Kepada Lelaki?


Oh karena ini pertanyaan yang banyak banget teman-teman saya tanyain baik itu melalui WhatsApp atau melalui DM Instagram, jadi kalau saya jelasin berulang kali kayaknya bosan juga ya mending saya jawab aja. Jadinya kalau ada yang nanya lagi, tinggal saya kasih link biar langsung dibaca. Praktis.

Saya mengambil asumsi baper yang dimaksud adalah hubungan asmara.

Menurut saya pada dasarnya perempuan itu cenderung memang perasa dan laki-laki itu memang cenderung menggunakan logika, tapi jangan salah perempuan juga menggunakan logika dan laki-laki juga menggunakan perasaan. Jadi kalau dibilang perempuan sangat lebih perasa dan laki-laki sangat menggunakan logika hingga keduanya tidak seimbang, itu mungkin agak sedikit keliru, menurut saya


Agar tidak mudah baper kepada laki-laki itu, sebenarnya kebanyakan perempuan itu akan baper kepada laki-laki yang dia suka, tapi ada juga perempuan yang bisa baper ke semua laki-laki. Begitu juga laki-laki, ada yang hanya baper kepada satu perempuan yang dia sukai, dan juga bisa baper ke semua perempuan, itu tergantung.

Pengalaman dan kestabilan sangat berpengaruh dalam menghadapi dan juga permasalahan "asmara" ini.

Kalau saya sendiri sangat sulit baper pada laki-laki, hahahah. Karena saya menganggap dan memperlakukan mereka semua itu sama, tidak membedakan sama sekali. Jika mereka adalah teman saya. Bedanya, jika sudah menjadi pasangan dong, tentu.


Yang membedakan tiap laki-laki adalah aksi, juga komitmen, dll. Menurut saya, Saya paling sulit baper dan paling sulit juga ternyata jatuh cinta, karena saya enggak desperate terhadap percintaan.

Bisa dicoba, agar aman tentram

Sumber: pinterest


Karena terkadang ada perempuan ataupun ada laki-laki yang merasa kalau ada orang yang menanyakan,
apa kabar, itu sudah menandakan dan berpikir yang bertanya itu suka naksir dan sebagainya. Hahaha.

Padahal hanya bertanya kabar, udah berpikir kemana-mana, bahkan udah mikir mau nikah pakai adat apa. Hahahaha

Ayolah, kita itu tidak bisa menarik di mata semua orang. Jadi jangan terlalu percaya diri bahwa semua orang akan naksir gitu. Jangan berasa sespesial itu. Ada yang nanya kabar aja, udah dibilang suka dan melambung.


Berpikirlah dan logis dan tetap pada prinsip. Saya melihat kalau perempuan punya prinsip itu jarang baper sama laki-laki, karena mau digombalin, mau dipuji setinggi langit, gak akan baper. Karena dia tahu terkadang itu hanya bualan manis doang, tanpa ada feel gitu. Untuk apa baper terhadap sesuatu yang sebenarnya biasa aja?

Jika ada laki-laki mengatakan bahwa kamu adalah satu-satunya perempuan yang dikirimi pesan, kamu itu berbeda, kamu itu unik, kamu itu satu-satunya yang dilihat beda dan cantik banget, dan itu dia lakukan sebelum kamu menjadi pasangannya dalam artian kalian baru kenal, tapi udah berani kayak begitu.

Kira-kira begini kalau ada yang mulai gombal, dalam artian bukan orang yang saya kenal dekat. Bukannya senang, saya malah bingung dan abai. Meme ini saya post di status WA. Teman-teman saya pada ngakak, karena relate.


Bayangkan berapa banyak perempuan yang udah pernah diperlakukan sama seperti itu, dan cara si laki-laki itu bertindak terhadap kamu sama dengan cara dia bertindak terhadap perempuan-perempuan yang lain, di situ kamu bisa nggak mudah baper.

Jangan selalu mengaitkan kalau laki-laki yang menghubungi perempuan itu terkait perkara asmara doang. Seseorang bisa menghubungimu ya karena dia penasaran ataupun dia ingin belajar banyak sama kamu, karena ada perempuan yang bisa dijadikan sahabat, tapi tidak bisa dijadikan pasangan. Ada yang bisa dijadikan pasangan, tapi tidak bisa dijadikan partner dalam bisnis. Tapi perempuan ataupun sosok yang sangat ideal, kalau menurut saya pribadi adalah orang yang menjadi pasangan dan bisa menjadi segalanya.
Bisa menjadi teman, sahabat, partner, dan sebagainya. Itu sangat ideal, jadi jangan merasa dan mudah untuk dikelabui sebelum benar-benar dia katakan suka.


Kalau pun dia mengatakan suka padamu, selidiki dulu, sudah berapa lamakah kalian dekatJangan-jangan baru hitungan minggu atau bahkan hari. Selidiki dulu apa dia melakukan hal yang sama ataupun dia sudah melakukan hal yang sama dengan banyak orang sebelumnya, atau bahkan dia mengatakan suka padamu itu secara bersamaan dengan suka pada perempuan lain? Di waktu yang sama pula, arrrgh.


Pagi nge-chat kamu dia bilang suka kamu, siangnya chat perempuan lain, dan malamnya dia juga melakukan hal yang sama pada orang lain lagi. Perhatikan itu dengan benar agar kamu tidak mudah baper.


Yang terpenting adalah nikmati hidupmu, dan jangan putus asa, ataupun jangan terlalu memikirkan persoalan cinta saja. Karena hidup nggak cuma cinta-cintaan doang, karena kalau kamu menarik, kalau kamu happy dengan hidupmu, kalau kamu merasa bahagia, berasa cukup dengan hidupmu. Kamu itu nggak akan mudah baper.

Kamu akan menganggap semua orang yang memperlakukan kamu dengan baik itu, adalah orang yang mengerti dan bisa memahami bagaimana memerlakukan manusia dengan semestinya. Bukan dalam artian cinta-cintaan doang.

Begitu juga misalnya ada laki-laki yang memperlakukan saya dengan sangat baik, tidak baper sama sekali, saya menganggap itu wujud apresiasi, terima kasih, sudah menjadi teman yang baik dan memperlakukan saya sebagaimana memperlakukan dan memanusiakan manusia.


Kalau saya sendiri, memang susah banget baper, alasannya mungkin karena sudah pernah berhadapan dengan hal-hal seperti ini sebelumnya dan saya selalu menganggap ini hanyalah angin lalu bahkan yang misalnya langsung confess ataupun mengatakan suka sama saya juga saya nggak langsung baper dan nggak ambil serius. Sampai memang ada aksi yang benar-benar nyata, dan hal yang bisa saya percayai setelah melalui riset yang saya lakukan sendiri, data dan juga opini dari orang-orang sekitar saya. Karena saya ini nggak mau menjadi seorang perempuan yang "buta". Dalam artian, saya hanya percaya akan pendapat saya sendiri, enggak. Saya selalu butuh opini orang lain. Sebelum saya percaya sama seseorang, saya sering sih tanya sama orang tua saya, bagaimana pendapat orang tua saya, saya cerita sedikit dan mereka memberikan tanggapan apa yang mereka pahami.

Saya akan memikirkan dan sangat menerima masukan itu, kenapa? Karena ketika seseorang itu menilai hanya dari sisinya seorang diri, bisa saja punya salah. Namun, kalau misalnya dilakukan dengan banyak orang, misalnya saya juga bakalan tanya sama temen-temen yang bersangkutan, setidaknya sudah punya benang merah. Nggak hanya meraba-raba bagaimana karakter, bagaimana etikanya, dan sebagainya, Itu sih.


Sumber : Pinterest

Harus punya batasan dan benteng yang kuat, karena bagi beberapa orang ucapan jauh lebih mudah dibanding tindakan.

Jadi untuk yang merasa mudah baper, harus punya batasan yang kuat. Jangan mau sakit hanya karena ekspektasi dan imajinasi dirimu sendiri.


Dan ini murni opini saya pribadi sampai saat ini. Saya tidak tahu kedepannya, apakah pikiran saya akan berubah, apakah pandangan saya akan berubah, tulisan ini saya buat setelah saya melalui beberapa riset sederhana yang mana saya bertanya sama teman-teman sehingga saya dapat mengambil kesimpulan sebagai memperkuat argumen saya.


Mungkin sekian pendapat saya mohon maaf jika ada salah kata tersinggung dan sebagainya. Jika ada yang tidak setuju dengan argumen saya dengan beralasan bahwa cenderung memihak, generalisasi, dan sebagainya ya ini kan argumen saya kalau ingin menyanggah boleh di komentar, tapi saya tidak menerima adu jotos. Boleh buat jawaban pembanding, sekian terima kasih. 🤍🤍

Wallahualambisshawwab.

[PENGALAMAN] Lulus Seleksi SMAN 10 Fajar Harapan Boarding School Aceh

[PENGALAMAN] Lulus Seleksi SMAN 10 Fajar Harapan Boarding School Aceh


Halo assalamualaikum rani mau berbagi pengalaman seleksi masuk SMA 10 Fajar Harapan Boarding School Aceh. SMA Negeri 10 Fajar Harapan (biasa juga disebut Farhan atau Japan's School) adalah sebuah sekolah menengah tingkat atas berasrama unggulan yang terletak di Banda Aceh.

 Boarding School adalah konsep sekolah dengan tinggal di asrama. Yang membedakan dengan sekolah umum selain tinggal di asrama adalah adanya tambahan kurikulum pesantren didalamnya. Dapat dikatakan bahwa Boarding School adalah perpaduan antara sekolah umum dan pesantren.


Karena beberapa pertanyaan yang masuk melalui DM Instagram, jadi sekalian ditulis aja deh agar penjelasanya ga berulang xxixi.

 

 

Jadi rani seleksi itu 2015. Perlu dicatat ya, 2015, jadi kalau ada perubahan mungkin bisa dicek di website  http://ppdb.fajarharapan.sch.id/

 

 

Okay 2015 seleksinya terdiri banyak seleksi dan sistemnya itu gugur.

Untuk seleksinya sendiri ada empat  seleksi yaitu

1.Tes administrasi

2.Tes tulis

3.Tes kesehatan

4.Tes wawancara.



 

Tes atau seleksi administrasi

Ada seleksi administrasi yang mana akan ada rata-rata nilai rapor minimalnya berapa, kemudian juga ada minimal nilai per bobot pelajaran, kemudian juga akan ada seleksi administrasi seperti kelengkapan berkas karena kalau misalnya berkasnya itu nggak sesuai dan juga nilai rata-rata teman-teman enggak sesuai dengan nilai minimum maka akan otomatis untuk mengukur.

 

 Untuk biaya masuk Fajar Harapan itu sendiri sehingga saya dulu tahun saya itu adalah 10 juta itu belum termasuk dengan spp-nya ya tapi sudah 10 juta itu dengan perabotan di asrama yang mana kasur menjadi milik pribadi, kemudian juga lemari menjadi milik pribadi, dll. Semua keperluan sekolah itu sudah di 10 juta mungkin tahun ini akan ada perubahan karena kan adanya inflasi juga ya jadi bakalan ada peningkatan.

 

 

 Tes tulis

Materi yang diujikan adalah materi-materi sekolah seperti matematika, tes potensi akademi, biologi, fisika dan pelajaran pelajaran sekolah SMP soalnya mungkin setingkat soal olimpiade untuk SMP, tapi tidak semuanya sulit. Beberapa soal olimpiade, beberapa soal yang umum. Namun, biasanya soal tes itu berpola. Dulu waktu saya tahun 2015 itu soalnya cenderung mirip dengan soal-soal yang pernah diujikan sebelumnya jadi mirip. Saya dulu punya arsipnya, tapi sekarang udah nggak tahu lagi dimana karena udah lama banget kan. Kemudian tes tulis itu sendiri teman-teman harus benar-benar perhatikan ya apakah boleh dijawab semua, seingat saya tahun 2015 itu tidak ada sistem minus jadinya diharapkan menjawab semua soal.

 

Kemudian setelah tes tulis maka akan diumumkan siapa saja yang lolos dari tes tulis tersebut tahap seleksi itu seingat saya ada ratusan orang yang mendaftar tapi yang lolos untuk seleksi wawancara dan seleksi kesehatan itu hanya setengahnya dulu nomor urut saya adalah 88 dan saya seneng banget karena saya rasa itu nomor keberuntungan saya banget saat itu. Kemudian setelah pengumuman lulus, ada tahapan lagi yang harus saya ikuti. Saya ikut lagi seleksi wawancara dan seleksi kesehatan.

 

Tes kesehatan

Tes ini harus benar-benar dan harus bisa untuk beraktivitas fisik. Sebaiknya teman-teman latihan rutin, karena apa  tes kesehatan itu adalah lari mengelilingi sekolah Fajar harapan yang luas dan teman-teman harus bisa mengelilingi sebanyak 4 kali putaran dan kemudian nanti dihitung menitnya jadi dihitung oleh penjaga waktunya berapa menit teman-teman bisa lolos dari 4 putaran itu sendiri nah itu yang akan dilihat apakah teman-teman kuat atau tidak. Pada zaman saya, ada yang sampai pingsan di 2 putaran, ada yang jatuh di putaran ketiga, ada yang di sekolah putaran keempat pingsan, sesak nafas, dan sebagainya. Itu akan menjadi penilaian yang sangat berarti makanya teman-teman harus benar-benar memastikan keadaannya fit dan tidak sedang sakit karena itu benar-benar mengganggu banget kualitas kesehatan waktu itu dan alhamdulillah saya waktu itu untuk tes kesehatan bisa 4 putaran.

Memang capek banget karena juga sedang kurang fit, tapi sebelumnya itu udah wanti-wanti dengan minum madu dengan makan-makanan yang bernutrisi untuk menjaga kesehatan agar tidak tumbang. Terserah deh setelah tes kesehatan mau tumbang atau enggak yang penting tumbangnya itu saat sampai di rumah hahaha, saking ngebet lulusnya. Jangan di depan panitia pelaksana karena itu sangat mempengaruhi penilaian, dan saya inget banget yang pingsan waktu itu nggak lulus karena memang di Fajar Harapan adalah Boarding School, didikannya itu juga. Waktu itu ospeknya juga lumayan menguras tenaga, makanya harus sehat jasmani dan rohani.

 

Tes wawancara

Berkaitan  tes wawancara ini ada beberapa tahap ada juga wawancara yang bahasa Indonesia dan juga wawancara bahasa Inggris. Untuk wawancara bahasa Indonesia itu juga kaya sekali tes agama. Jadi disuruh ngaji dan disuruh untuk praktik keagamaan karena di Fajar Harapan sendiri hanya menerima muslim ya jadi benar-benar dites bacaannya lefasihannya seperti apa. Kemudian menilai makharijul hurufnya, kemudian akan ditanya perkara hafalan Alquran dan hafalan sehari- hari. Bagaimana shalat bacaan, shalat dan sebagainya. Jadi temen-temen kalau untuk tes agama ini kalau misalnya teman-teman sudah melakukan sesuai dengan kehidupan sehari-hari insya Allah bisa lulus karena tes agama itu yang apa yang kita lakukan tiap hari gitu.

 

Untuk menilai apakah temen-temen fasih atau tidak juga untuk mengetes apakah beneran muslim atau bukan. Kurang lebihnya kalau untuk tes wawancaranya sendiri. Tes wawancara  ini terdiri dari pertanyaan dalam bahasa Inggris, saat itu saya pengujinya ini aksen bahasa Inggrisnya aksen bahasa Inggris Australia jadi teman-teman juga harus bisa memahaminya waktu itu yang ditanyain ada yang dalam bahasa Indonesia dan juga bahasa Inggris jadi setelah pertanyaan bahasa Indonesia pakai bahasa Inggris kalau pertanyaan bahasa Indonesia mungkin cukup rumit. Sangatlah menjebak.

1.Bagaimana jika air mati di asrama dan mati lampu di asrama

2.Apa yang akan kita lakukan kemudian

3.Bagaimana menengahi konflik dengan teman kamar di asrama

4.Bagaimana dan Apa keinginan untuk sekolah asrama

5.Bagaimana menghadapi konflik di sekolah

6.Apa tujuan untuk masuk sekolah asrama

7.Apa saja yang teman-teman pikirkan agar bisa lulus di sekolah asrama hal apa saja yang telah teman-teman persiapkan

 

Kemudian kalau untuk tes bahasa Inggrisnya lebih ke

1.Introduce yourself ataupun perkenalan diri kamu dan juga ditanya dalam bahasa Inggris.

2.Apa cita-cita dan tujuan hidup

3.Kemudian juga ditanya kenapa memilih sekolah ini kemudian juga

4.Bagaimana isu yang sedang hangat saat itu.

 

Kurang lebih seperti itu waktu tahun 2015 saya ikut seleksi mungkin untuk teman-teman akan ada sedikit perbedaan ya untuk tahun 2021 ataupun kedepannya karena memang seleksi nya itu kan sudah beberapa tahun berlalu mungkin akan ada penambahan ataupun pengurangan dari seleksi mungkin.

 


Cukup sekian, jika ada yang bertanya bisa di komentar terima kasih Semoga lulus ya dan bisa menjadi bagian dari alumni Fajar Harapan yaa!Materi Seleksi

 

 


[REVIEW] Scarlett Whitening Body Care: Shower Scrub, Body Scrub, and Body Lotion

[REVIEW] Scarlett Whitening Body Care: Shower Scrub, Body Scrub, and Body Lotion

 

­­­­­­Hallo assalamualaikum teman-teman.  Sudah lama sepertinya rani belum nulis review yang akan “meracuni” temen-temen semua hahaaha. Sepertinya hampir semua orang sudah tau dong Scarlett Whitening by Felicya Angelista?


Scarlett merupakan brand lokal dari Indonesia yang didirikan sejak tahun 2017. Produk yang dikeluarkan oleh Scarlett adalah produk yang digunakan sehari-hari untuk kulit tubuh dan wajah dengan aman karena sudah teregistrasi oleh BPOM RI. Karena sudah teregistrasi BPOM jadi ga ragu lagi buat jadiin Scarlett pilihan body care-nya dong.

Awalnya sih rani agak bertanya-tanya: Sebagus itu ya? Kok banyak banget yang rekomendasiin produknya Scarlett Whitening. Sempet nanya-nanya sama temen di Instagram, and they love it!

 

Setelah rani pakai ternyata beneran dong! Sesuka itu. Yang bikin rani merasa aman adalah produk-produk dari Scarlett Whitening sudah teregistrasi di BPOM dan not tested on animal dong! Sebagai muslim juga terpenting produknya ini juga halal dari MUI loh! 


 

Produk yang hype banget di pasaran dan bikin banyak orang ketagihan. Review kali ini agak sedikit panjang gapapa ya? Abisnya memang semuanya ini menggiurkan dan kombinasi paket lengkap yang rani suka banget. Review kali ini akan selaras ya  dimulai dari

1.  Body Scrub romansa

 2. Shower Scrub pomegranate

 3. Body Lotion freshy

  

  

Okay, yang pertama rani mau review body scrub-nya

 

       Body Scrub Scarlett Romansa


Packaging-nya berbentuk bundar dan tebal dengan isi yang padat, badan wadah dan tutup berwarna putih.  Body care  Scarlett Body Scrub Romansa ini ada gambaran bunga di tutup wadahnya, cute abiis!

 Body scrubnya dilengkapi sama lapisan aluminium foil gitu. Jadi ga bikin tumpah  saat pengiriman dan ga mudah teroksidasi. Tutupnya sistem ulir, jadi diputer gitu pada umumnya.

 



Teksturnya tidak begitu cair, buliran halus, cenderung padat  dan tidak meleber kemana-mana.





Sengaja dipakein alas agar lihat kulit mati yang terangkat bisa dilihat jelas di kertas.


After-nya asli lebih bersih dan glowing, halus dan wangi banget. Wanginya nempel ga hilang.

Ini body scrub yang oke banget karena ga bikin kulit rani jadi perih, tau dong kadang bulir-bulir scrub ada yang kasar banget sampai bisa lecet kan. Scarlett ini engga, buliran scrub-nya halus dan tidak sakit saat digunakan. Butiran scrub yang lembut ini bikin nyaman sih, proses eksfoliasi saat menggosokkan ke  kulit tubuh soalnya nggak terasa perih di kulit. Butirannya memang lembut, tapi perkara mengangkat kotoran di kulit tetap optimal. Kulit terasa bersih dan tidak ada efek kaku di kulit.  Untuk aromanya sendiri enak dan wangi banget, bahkan setelah dibilas juga wanginya nempel. Untuk penggunaan body scrub cukup dipakai 2x seminggu untuk hasil yang optimal..


Setelah dibilas dibasuh dengan air, wanginya masih menempel dan juga kulit lebih bersih dan halus.

 

           Shower Scrub Pomegrante

Tampilan super gemash! Aromanya juga enak, bikin sensasi mandi menjadi menyenangkan.

Teksturnya tidak terlalu cair dan tidak terlalu padat juga, botolnya juga safety.

Busa yang dihasilkan  juga banyak, rani gunain dikit banget ini dan busanya bisa banyak. Sabunnya juga ga bikin kulit kering dan seperti ketarik. Cukup menenangkan kulit.

Setelah dicuci tadaaa



Semakin jelas terlihat perbedaannya, yang kiri lebih bersih.



Setelah scrubbing dengan body scrub, bisa banget mandi menggunakan shower scrub yang mana ada buliran scrub. Ini dapat memaksimalkan saat membersihkan tubuh. Buliran ini yang maksimalin agar kulit kita jauh lebih bersih. Aromanya juga juaraaak banget. Warnanya pink keunguan, memang eyecatching banget dan buliran scrubnya juga ga bikin sakit.

  Body Lotion Freshy
 
Kemasan yang safety banget karena ada lock unlock-nya, dikemas dengan botol pump yang memudahkan penggunaan.


Saat pengaplikasian, lotionnya mudah diserap oleh kulit dengan dioleskan perlahan dan diratakan.

Terlihat lotionnya mulai diserap oleh kulit.



Tadaaa, afternya lebih lembab dan glowing xiixxi.




 Botolnya ini safety banget,  karna botol lotion-nya ada lock-unlock nya. Ukurannya juga pas ga besar dan ga kecil, mudah buat dibawa travel. Warnanya peachy orange itu dan wangi Freshy  nya seperti wangi Jo Malone English Pear & Freesia eau de cologne. Wanginya tidak menyengat dan ga bikin pusing. Dan rani suka banget Karena botolnya pump, jadi ya ga takut meluber pas ngambilnya.


Cek Produk Scarlett sebelum digunakan!

 

Produk yang laris dan worthh it ada aja yang meniru ya :( 

Jangan khawatir, pihak Scarlett udah mengantisipasi dengan menyediakan verifikasi kode unik dari tiap produk yang kita gunakan loh.

Bisa kunjungi langsung di https://verify.scarlettwhitening.com/ 


Shower scrub
original, karena terverifikasi pada website Scarlett.


Body Scrubnya 
original, karena terverifikasi pada website Scarlett.


Body lotion 
original, karena terverifikasi pada website Scarlett.



 Untuk produk Scarlett ini ada  tulisan emboss Scarlett dan hologram juga kode unik agar terhindar dari pemalsuan produk. Nah, tentu dong rani maunya yang original dan cara ngeceknya gampang banget, di tiap hologramnya ada kode unik dan bisa dicek di website Scarlett. Tiap produk Scarlett ini mengandung gluthathione dan juga vitamin E yang berguna untuk mencerahkan ya, tapi balik lagi kamu juga harus paham kondisi kulitmu ya.



Tim mager tapi tetap mau cantik, wangi, bersih  mana nih? ahahah

Scarlett bisa dipesan secara online, nggak usah takut tumpeh-tumpeh karena packaging-nya aman banget  dengan bubble wrap yang tebal plus plastik segelnya juga yang membungkus produknya. 

Tim hemat juga bisa banget  sekalian beli yang box set-nya karena ada box tebelnya yang bisa dipakai ulang gitu. Lebih hemat  5 item harganya Cuma 300 ribuan dong. Lumayan banget hematnyaa kan kalau beli satu-satu ya harus bayar 375 ribu nah loh. Hemat banget kan. Untuk temen-temen yang mulai teracuni nih pastikan belinya di official store yang dijamin keasliannya, bisa ke websitenya di sini


Ohya, temen-temen jangan salah kaprah ya! 

Putih dan cerah itu  totally different Scarlett Whitening adalah brightening alias mencerahkan. Jadi kulit kita terlihat sehat, lembap, cerah, dan nggak kusam.  Masing-masing dari kita diberikan warna kulit yang berbeda, tentu kecerahannya juga berbeda.

Rani coba telusuri body lotion-nya belum ada SPFnya, kalau temen-temen sering kegiatan di luar ruangan lebih baik pakai dulu sunscreen khusus buat tangan dan kaki, baru  pakai Scarlett Fragrance Brightening Body Lotion Freshy. Wangi oke, terlindungi dari UVA dan UVB juga.

Repurchase? YES!

Body scrub-nya, help!  Suka banget! Karena after effect setelah pemakaiannya berasa banget. Habis pakai body scrub-nya, kulit rani  otomatis lembut, lembap, cerah, dan wanginya nempell abiss.

 

Harganya juga lumayan affordable  kalau penggunaan pribadi  sih awet ya, rani juga makainya irit-irit soalnya ga rela kalau cepet abis. Wangi banget dan suka banget!

Rani rekomendasiin banget terutama buat temen-temen pecinta wangi-wangiaaan, Scarlett ini bisa menjadi pilihan karena wanginya yang nggak bikin rani pusing dan nggak menyengat. Yang terpenting sih, bikin momen "Me time" jadi lebih menyenangkan!

Okaay! Sekian dulu reviewnya. Semoga bermanfaat dan "teracuni" ya!