Heyraneey | Talk Less Write More
Perbedaan Tau, Kenalan, Teman, Sahabat, serta Teman Pengkhianat.

Perbedaan Tau, Kenalan, Teman, Sahabat, serta Teman Pengkhianat.

Berawal dari sebuah pesan di Quora saya. Saya tertarik menjawab pertanyaan ini.

Menanyakan perspektif saya, perbedaan tau, kenalan, teman, dan sahabat? serta teman pengkhianat.

Perbedaan tau, teman, kenalan, sahabat teman pengkhianat.

1. Tau, menurut saya ya hanya sekadar tau tentang profilnya yang dimunculkan di publik. Tidak pernah tahu cara mendalam dan personal. Sederhananya, saya tau Mbak Najwa Shihab, tapi saya tidak pernah tahu dan tidak pernah berinteraksi secara personal. Jadi saya tau tapi saya tidak kenal.

Kalau sudah kenal, naik tingkatannya menjadi kenalan.


2.Kenalan adalah ketika saling tau nama misal saya tau namanya Mbak Najwa Shihab dan Mbak Najwa tahu nama saya adalah Rani. Jadi kita tuh saling tau nama, saling ingat tapi tidak pernah berinteraksi secara lebih atau pun berbincang lebih. Ini seringnya kalau ketemu di kompetisi, saling tau nama aja, dan ketemu di mana hahaha.

Akan naik lagi tingkatannya menjadi teman.


3. Teman itu adalah orang yang pernah berada di satu lingkungan dan pernah berinteraksi lebih, tidak sekadar kenal. Seperti teman sekolah. Setidaknya pernah bertemu dalam jangka waktu yang lama dan minimal berinteraksi mendalam sedikit lah. Saling tau setidaknya minimal pernah sekolah di sini saling tahu juga namanya siapa, kelasnya berapa, apa dan interaksi lainnya.

Naik tingkat lagi


4. Teman dekat, saling tau yang personal misalnya alamat rumah, siapa orang tuanya, sedikit masalah hidupnya, itu sudah termasuk dekat menurut saya. Saling curhat juga termasuk teman dekat.

Kemudian setelah itu naik lagi tingkatannya menjadi sahabat.


5. Sahabat, ya setidaknya adalah orang yang memiliki frekuensi yang sama dan interaksi dengan sangat intens, tahu masalah personal dan hal yang berbau privasi, sahabat ini adalah orang yang "sudah teruji" sahabat itu bisa dikatakan "teman dekat yang sudah teruji", teruji bagaimana? Sahabat adalah orang yang sudah melalui masa sulit sama-sama dan saling membantu tanpa meninggalkan.


Nahh, teman pengkhianat menurut saya adalah orang yang memang dari awal tidak ingin berteman dengan kita sih sebenarnya hahaha.


Karena bagi saya pengkhianatan itu dilakukan jika saya ada kepercayaan, harapan, ekspektasi. Kalau saya sendiri jika hanya pada tahap teman saya tidak percaya penuh, ya ya sekadar profesional sudah selesai, makanya saya merasa kalau teman berkhianat itu agak sedikit sulit karena yang sering saya baca dan kasusnya menurut saya yang bisa berkhianat itu minimal teman dekat dan sahabat.

Karena kalau teman berkhianat ya interaksinya saja ya hanya sedikit dan tidak secara personal banget, berarti memang dari awal dia tidak ingin lanjut pada tahap yang selanjutnya dan pengkhianatan itu ada karena kepercayaan.

Jadi kalau saya sendiri sih, tidak memberikan rasa percaya penuh pada seorang teman ya, thanks to my trust issue hahaha

Sekian, semoga menjawab ya

[PENGALAMAN] Serba-Serbi Bersekolah Asrama di SMAN 10 Fajar Harapan Aceh

[PENGALAMAN] Serba-Serbi Bersekolah Asrama di SMAN 10 Fajar Harapan Aceh

 

Beberapa waktu lalu bermula dari tulisan saya yang ini

Ada yang mengirimi saya pesan di Instagram, agar saya menulis lebih banyak tentang kegiatan di sekolah asrama. Sekadar informasi saya merupakan alumni dari sekolah asrama, SMAN 10 Fajar Harapan Aceh. Sekolah asrama kerap dikaitkan seperti penjara karena tidak bebas melakukan aktivitas apapun dan segala sesuatu diatur sebagaimana peraturan sekolah dan peraturan dari asrama.


Saya sendiri waktu itu bersekolah di SMAN 10 Fajar Harapan, tidak terlalu merasakan hal demikian. Hal ini karena seiring waktu saya bisa beradaptasi dengan sekolah.  Mungkin saya akan menuliskan  sedikit kegiatan yang ada. Di tulisan ini juga saya akan menjabarkan peraturan di SMA saya seperti apa. Dimulai dari peraturan di sekolah untuk disiplin harian yaitu sekolah masuk dan berkegiatan. Itu dari pukul 7 sampai dengan pukul 5 sore. Namun, kegitan tidak hanya itu. Siswa harus bangun sebelum shalat subuh karena akan adanya salat subuh berjamaah di mushola dan itu wajib berjamaah akan kena hukuman ataupun essay yang peraturannya dijalankan dan diawasi oleh OSIS. Untuk mengakalinya ada yang mandi sebelum Subuh atau ada yang mandi setelah Subuh. Nah, kemudian setelah itu sarapan sebelum jam masuk ke sekolah sarapan pagi di ruang makan dengan antre menggunakan piring sendok dan peralatan pribadi kemudian setelah itu barangnya dicuci sendiri dan disimpan pada tempat yang telah disediakan diri sendiri itu masuk ke kelas berkegiatan jam 10 istirahat.


Mungkin saya tulis sedikit gambarannya ya.

Jadwal harian asrama

04.00 bangun tidur

04.30 di masjid atau mushalla subuh berjamaah agar tidak telat

Selepas shalat subuh kegiatan fleksibel. Tergantung beberapa hal.

Jadi dapat digunakan untuk

    Mandi

    Bersih-bersih asrama

    Lari pagi

    Bersih jadwal piket halaman sekolah

 

07.00 bersiap makan pagi

07.30  shalat dhuha berjamaah

08.00 di kelas, kalau hari senin bersiap untuk upacara

10.00 istirahat

10.10 masuk kelas

13.00 istirahat, shalat jamaah, makan siang

14.00  masuk kelas siang

16.00 pulang sekolah, shalat jamaah ashar

17.00 istirahat sore, makan sore, mandi dan beberes

18.30 bersiap shalat maghrib jamaah

19.15 pengajian malam

20.00 shalat isya jamaah

20.40 belajar malam di kelas

22.00 pulang dari belajar malam, istirahat, tidur.

 

kenangan kompetisi

Nah, kegiatan tersebut di atas ada bersifat mengikat dan fleksibel. Untuk shalat, kegiatan sekolah bersifat mengikat. Yang sangat wajib, jamaah 5 kali sehari, juga dengan kegiatan sekolah yang terikat.

Di sini untuk kegiatan yang dijalankan dan diawasi oleh OSIS juga bersifat mengikat, yang mana tiap siswa yang melanggar peraturan OSIS akan mendapat hukuman dapat berupa hafalan, essay, atau bisa ditindak lanjut hingga ke ruang BK/ guru.

 


Saya ceritakan gambarannya dikit yaa.

Teman kamar di asrama

ASRAMA

Terdapat Pembina asrama, baik pembina asrama putra dan putri. Memiliki tugas yang berkaitan di luar jam sekolah, seperti mengontrol siswa pada sore dan malam hari. Jika ada siswa sakit, maka pembina asrama memiliki peranan penting untuk  membawa dan mendampingi siswa berobat. Pembina asrama juga mengontrol setiap pagi, sore, dan malam.

Kehidupan di asrama juga harus melakukan piket, pembersihan asrama, kamar mandi, halaman asrama, kawasan jemuran pakaian, dan banyak lainnya yang merupakan tanggung jawab dari tiap penghuni asrama.

Sistem pembersihan asrama, memiliki piket. Kondisi asrama berbeda-beda tiap blok/asrama. Saat itu saya di blok H dengan 20 penghuni per kamar. Maka sistemnya adalah piket secara bergantian. Dilakukan secara gotong royong.

Kamar asrama luasnya seukuran kelas terletak di lantai dua, dengan ranjang atas dan bawah. Bersama penghuni kamar yang 20 orang, terdapat canda,tawa, sedih, marah, kecewa, lalu kembali seperti sedia kala. Layaknya sebuah keluarga. Karena yang 24 jam bersama adalah teman kamar, terutama teman samping ranjang.

 

Peraturan keluar masuk asrama juga ada, terutama perihal kepulangan dan balik ke asrama. Siswa diizinkan untuk pulang ke rumah setiap sabtu siang, dan kembali ke asrama setiap minggu sore. Jadi di SMA ini, saya tidak terlalu merasa home sick, kecuali saat awal tinggal di asrama. Karena setiap minggunya diizinkan untuk pulang.

Jadwal untuk kunjungan adalah hari kami sore, jad keluarga diizinkan untuk mengunjungi dan bercengkerama ke asrama pada kamis sore. Sekolah di sini tidak seketat yang dibayangkan, siswa masih bisa mengekspresikan diri dan ikut kegiatan yang disenanginya. Untuk perihal makanan, saat zaman saya, tahun 2015-2018 siswa diizinkan membeli makanan di luar, dengan dititipkan di pos satpam. Jadi ya, untuk masalah makanan sama sekali tidak mengganggu. Karena gizi tercukupi.

 

MAKANAN

 Berkaitan dengan makanan, siswa makan 3 kali sehari. Jika ada yang ingin puasa, juga disediakan makanan sahur, yang dapat diambil di dapur, juga maknan berbuka. Bagi yang alergi juga terdapat makanan opsional, seperti ikan air tawar, dan lainnya. Selama melapor dan konfirmasi, akan diberikan.

Menu makanan juga variasi,

Untuk makanan sangat variasi.  Bisa nasi goreng, nasi gurih, nasi putih, mie, bubur,  dengan lauk juga variasi. Seingat saya, untuk makanan termasuk hal yang sangat fleksibel dan disyukuri menunya yang saya sangat ingat masih ayam goreng, ayam masak aceh, ayam semur, ayam lado, ayam cabe hijau, opor ayam, soto ayam, nugget ayam, keumamah, daging rending, daging lado, bakso, mie goring, bubur kacang hijau, bubur kacang merah, ikan teri lado, ikan asin lado, ikan masak aceh, ikan goreng, ikan lado, ikan bakar, dan banyak lainnya yang saya lupa, hehe.

Untuk makanan paling sering menu variasinya adalah ayam.

Juga tersedia buah seperti papaya, semangka, jeruk. Pudding, teh susu, teh manis, dan lainnya.

Hanya itu yang saya ingat, menunya termasuk lumayan menurut saya.

 

Suasana di kelas.

SHALAT

 

Untuk shalat diwajibkan selalu berjamaah di mushola, lima kali sehari plus dhuha berjamaah. Jika kedapatan tidak berjamaah akan mendapat hukuman dapat berupa essay atau hafalan quran. Untuk shalat juga terdapat peraturan pakaian shalat, laki-laki menggunakan sarung, perempuan wajib menggunakan mukena berwarna putih.  Harus berada di mushola tepat sebelum iqamah, karena akan adanya absen yang dilakukan oleh OSIS. Jika saat absen tidak ada, maka bersiaplah untuk hukuman.

Shalat adalah kewajiban tiap muslim, tapi pembiasaan dengan jamaah yang ditekankan juga kedisiplinan.

 

SPEECH

Nah, ini momok yang lumayan menakutkan bagi siswa baru dan tahun kedua. Apalagi yang tidak berani berbicara di depan umum. Ini ajangnya keringat dingin, jadi untuk speech  yang pertama diberikan waktu 7 menit untuk speech dalam Bahasa. Selanjutnya untuk jadwal giliran selanjutnya menggunakan, English. Jika mendapat giliran ketiga, maka bisa menggunakan Bahasa asing, dan diperbolehkan menggunakan English. Akan sangat duji, karena berbicara di depan ramai orang dan  disaksikan satu sekolahan. Namun, saya rasa ini adalah ajang melatih kepercayaan diri dan juga eksistensi kepandaian berbahasa.

 

BAHASA

 

Di sini, Bahasa juga diwajibkan. Terdapat spy yang bertugas mencatat kesalahan berbahasa tiap siswa. Nah, ini agak tricky karena yang melapor kesalahan berbahasa adalah teman. Jadi kita sangat dilarang menggunakan Bahasa selain ketentuan hari yang ditentukan.

English day, hari wajib berbahasa inggris. Kemudian nanti juga ada hari bebas, di sini bebas menggunakan Bahasa apapun. Ada juga hari yang hanya boleh menggunakan Bahasa selain Bahasa inggris dan Bahasa Indonesia. Jika melanggar tentu ada hukuman, bisa berupa speech, atau bahkan essay dalam Bahasa inggris dan Indonesia.

 

ALAT KOMUNIKASI

 Di sini, hanya boleh menggunakan telepon yang tidak memiliki kamera dan akses internet. Seperti telepon genggam merk n*kia yang tidak punya kamera. Berlaku untuk siswa pada tahap awal, tapi jika sudah pada masa-masa penerimaan siswa dan ajang festival di sekolah. Diizinkan membawa gawai, karena kebutuhan akses informasi. Untuk laptop, diperbolehkan, karena sekolah memberikan akses dan kebutuhan pembelajaran juga tugas presentasi. Jadi untuk komunikasi dengan keluarga tentu sangat mudah karena diizinkan menggunakan telepon genggam.

 

 

Ini gambaran seragam sekolah

PAKAIAN

Pakaian sangat diatur ketat, di sini dijalankan dan diawasi oleh OSIS seksi budi pekerti. Mulai dari kepala sampai dengan kaki. Semuanya sudah diatur, saya akan menjabarkan tentang pakaian siswi saja ya karena ini saja sudah sangat panjang.

Jilbab : wajib tebal, jilbab kain. Minimal 3 cm di bawah symbol lambing sekolah, artinya harus menutupi dada. Dilarang menggunakan pashmina dan jilbab yang tidak sesuai syari. Untuk jilbab yang kainnya tipis, wajib dilapis dua jilbab agar tidak menerawang. Wajib menggunakan ciput/dalaman jilbab agar tidak kelihatan anak rambut dan rambut poni. Wajib menggunakan peniti dan nama pengenal di jilbabnya.  Untuk ke sekolah dilarang menggunakan kerudung instan, harus kerudung kain dan seragam

 

Baju, rok, gamis, celana : baju wajib panjang, tidak boleh ketat, panjang baju harus di bawah bokong, tidak boleh menggunakan baju yang pendek. Diperbolehkan menggunakan gamis, rok, dan celana.

Untuk rok : tidak boleh rok berbahan karet, tidak boleh rok yang pendek, tidak boleh rok span yang ketat

Untuk gamis : dilarang gamis yang ketat

Untuk celana : hanya boleh menggunakan celana kain yang longgar, dengan ketentuan panjang baju harus di bawah lutut.

Untuk pakaian yang tipis, wajib menggunakan manset baju.

Diwajibkan menggunakan manset tangan.

Wajib menggunakan kaos kaki, dengan ketentuan panjangn kaos kaki 15 cm di atas mata kaki.

Wajib menggunakan legging( dalaman) jika menggunakan gamis dan rok.

 

Sepatu diperbolehkan bebas, untuk ke sekolah sepatu wajib hitam. Untuk kegiatan sehari-hari jika dalam kelas, diwajibkan menggunakan sepatu tertutup dan bebas.

 

Jarak antara laki-laki dan perempuan minimal 1 meter, foto tim majalah.


INTERAKSI

 

Di sini, interaksi sebenarnya tidak seketat itu dibatasi.

Interaksi antara sesama teman perempuan sama seperti pada umumnya, tetap menjaga etika.

Interaksi dengan senior perempuan, jika lewat di depan senior wajib mengucapkan salam, “Assalamualaikum Kak” dengan senyum terhadap senior. Makanya penting sekali mengenal mana senior mana teman seangkatan, bisa dlihat pembedanya dari “penanda” yang hanya siswa Fajar Harapan yang tau xixixi.

Interaksi dengan teman laki-laki yang seumuran atau senior  dibatasi, yaitu jarak antara laki-laki dan perempuan ketika berbicara minimal 1 meter. Jadi tidak boleh berdekatan, jika ada laki-laki yang lewat tunggu hingga selesai mereka berjalan. Wajib menundukkan pandangan jika melihat laki-laki yang lewat.

Hal ini berlaku juga sebaliknya, interaksi antara laki-laki dengan teman perempuan. Dilarang berbicara hal yang tidak penting.

Dengan guru, jika ada guru yang lewat, wajib mendatangi guru tersebut salam tangan, dan mengucap salam.

Sangat ditekankan

“SALAM, SENYUM, SAPA, SOPAN, SANTUN” jadi hal itu harus menjadi nilai dasar yang dimiliki.

 


Foto saat wisuda 2018



 Saya bersekolah dari tahun 2015-2018, kemungkinan banyak sekali hal yang berubah saat ini dan juga yang tak tertulis di tulisan saya kali ini. Karena lupa dan bingung hal apa lagi yang harus ditambahkan. Jika ada waktu luang akan saya tambahkan lagi InsyaAllah, terima kasih sudah membaca!

 

 

 

 

 

Mengapa Masih Banyak Orang yang Menolak Program Keluarga Berencana (KB)?

Mengapa Masih Banyak Orang yang Menolak Program Keluarga Berencana (KB)?

Karena stigma masyarakat

Menganggap KB itu sama dengan kemandulan, KB itu sama dengan tidak mau punya anak lagi, KB itu sama dengan menentang Tuhan, KB itu sama dengan tidak percaya bahwa anak itu sumber rezeki, dan tak terlupa "Siapa anda ngatur-ngatur saya mau punya anak."


Sebenarnya apa itu KB?

Keluarga Berencana Berencana (KB) adalah upaya mengatur kelahiran anak, jarak dan usia ideal melahirkan, mengatur kehamilan, melalui promosi, perlindungan, dan bantuan sesuai dengan hak reproduksi untuk mewujudkan keluarga yang berkualitas.


Sederhananya, KB itu ibarat persiapan, harus tahu biaya yang dikeluarkan soon, harus tahu kapasitas diri, perencanaan dalam membangun keluarga, istilahnya gak asal brojol, tapi dipersiapkan dengan baik.

Salah satu upayanya adalah penggunaan kontrasepsi. Kontrasepsi adalah pencegahan terbuahinya sel telur oleh sel sperma (konsepsi).


Seringkali pertanyaan umum ini yang ditanyakan,

Apakah kontrasepsi itu harus menggunakan "obat" atau "suntik-suntik"?

Yang dibayangkan kebanyakan masyarakat. Ingat KB, ingat ini, padahal KB ga cuma itu.

Tentu saja tidak, banyak metode kontrasepsi yang upayanya untuk mewujudkan keluarga yang berencana dan terencana.


Oke saya tak bahas mendalam sekali ya, keilmuan saya masih terbatas soalnya. Fokus saya di jawaban ini, mau bahas ini sih.

Salah satunya adalah, laktasi amenore ini nih. Biasanya kalau Ibu baru selesai melahirkan tentu saja keadaan tubuh ibu baru usai melahirkan dengan ibu tidak usai melahirkan berbeda. Ibu yang baru usai melahirkan pasti ada masa nifasnya, juga payudaranya mulai memproduksi ASI dan sebagainya.

Nah ini nih, salah satu cara kontrasepsi, selain bisa memberikan ASI eksklusif untuk anaknya, juga mempersiapkan Ibu agar nggak terlalu cepat hamilnya. Agar tak terlalu rapat juga, karena kan rahim ibu bisa dikatakan capek ya 9 bulan, masa tergesa-gesa belum juga anaknya besar sudah hamil lagi. Sayang ibunya, kecuali memang sudah dikonsultasikan dengan matang.

Beu sabaa, bek meukarap-karap that nah. *bahasa Aceh*


Ini juga kontrasepsi yang kerap diremehkan kebanyakan orang, KALENDER!

Padahal metode ini kerap kali efektif loh.

Bahkan bagi perempuan yang menikah atau pun tidak, harusnya memang punya penanggalan menstruasi, yang mana kita bisa memantau kapan kita menstruasi bukan hanya karena sudah menikah lho ya. Bahkan sebelum menikah dan tidak melakukan hubungan seksual pun, harusnya kita punya nih penanggalan atau kalender menstruasi loh!


Saya make App namanya "kalender saya" hihi alhamdulillah udah makai app ini setahunan, dan worth it. Gaperlu nyatet manual lagi ahahahah.

Alhamdulillah juga bisa siklus teratur dan tak sakit berlebihan.

Gunanya buat apa sih kalender menstruasi ini?

Banyak banget gunanya, saya nih contohnya masih single belum pernah berhubungan seksual dan tidak akan berhubungan seksual sampai saya menikah nanti, tapi saya punya penanggalan menstruasi, saya punya jadwal kapan saya ovulasi, menstruasi, dan masa subur.

Mengapa hal ini penting?

Karena kita bisa jadi lebih tahu tentang diri kita sendiri, kita juga bisa mengetahui masalah-masalah yang ada pada di tubuh kita, tentu jadi tau antisipasinya.

Jika siklus menstruasi itu tidak teratur, jadi lebih cepat aja menyadarinya gitu, kok siklusnya ini berbeda ya, kok ada yang lain ya dari tubuh ini. Kok sakit berlebih ya. Nah, penanggalan ini kita bisa mendeteksi lebih dini dan juga perencanaan yang matang.


Jadi KB ini gimana sih?

Gausah takut KB, ini tuh perencanaan agar keluarganya lebih terencana. Jadinya tau banyak langkah ke depannya gitu, bukan buat tidak bisa punya keturunan kok. Kecuali kalau memang berniat untuk men"steril"kan diri loh ya, ada tubektomi dan vasektomi. Intinya konsultasi dan rencanain aja dulu, masalah mau punya anak 2 atau 10 itu ya sesanggupnya ajalah. Jangan terlupa konsultasi juga, di Puskesmas setempat juga bisa kok!

Jangan takut melakukan konsultasi dan merencanakan keluarga, alias ikut Keluarga Berencana. Terencana itu keren!


Semoga bisa bermanfaat dan tidak menyinggung siapa pun, saya hanya ingin berbagi sedikit ilmu yang saya dapatkan di perkuliahan yang saya tulis dengan cara saya sendiri. Kalau ada salah mohon diingatkan dengan baik, karena saya masih mahasiswa, masih sangat awam akan pengalaman dan ilmu. Seluruh gambar ini credit ke penciptanya, diambil di slide PPT dosen saya.

Jazakumullahukhair.

Boi dan Dinamisnya Manusia

Boi dan Dinamisnya Manusia

Ini namanya Boi, kucingnya nurut sekali. Baru pertama kali ketemu kucing ini, di tempat yang istimewa ini.
Sebelumnya saya tidak pernah suka memegang kucing, ini saja masih takut-takut untuk memegang.

Saya luluh dengan Boi yang nurut sekali. Artinya saya berubah!


Apakah kucing penurut ini yang mengubah saya?

Bisa jadi.


Namun, yang saya rasa adalah motivasi dan niat saya juga kemauan untuk memegang kucing ini dalam artian saya mengalahkan keengganan dan ketakutan dari diri saya sendiri.


Beberapa waktu yang lalu saya berkesempatan untuk mengunjungi salah satu pusat rehabilitasi narkoba, bahkan bisa berinteraksi baik dengan para pasien, staff, dan lainnya. Saya benar-benar senang sekali bisa melihat dan mengamati bagaimana keadaan lingkungan juga hal-hal positif di sini, tempat orang-orang yang ingin berubah menjadi lebih baik, banyak cerita cerita unik dan juga latar belakang berbeda-beda, tetapi mereka memiliki satu tujuan yaitu berusaha untuk menjadi yang lebih baik.


Ini foto pagi keesokan harinya, di sekitaran halaman tempat rehabilitasi. Suasananya nyaman sekali, sembari saya menulis dan juga menyelesaikan kasus skenario klinis.

Banyak hal-hal yang harus kita perhatikan sebagai seorang manusia, bahwa tidak ada kata terlambat untuk mengubah suatu kesalahan. Di sini saya berkesempatan bertemu dan berinteraksi dengan berbagai orang berbagai usia, latar belakang, agama, suku, dan cerita hidup yang beragam, tetapi mereka memiliki tujuan untuk menjadi insan yang lebih baik.

Unik sekali ada yang mengajak saya berkenalan secara "personal" waah jadi tersipu hahah.


Saya mendapat banyak pelajaran berharga bahwa hidup tidak hanya sebatas hitam putih ada hal-hal unik dibalik hal tersebut.

Mendengar kisah-kisah unik ini membuat saya juga memahami, bahwa manusia bisa berubah. Dengan energi, niat, dan motivasi yang sangat besar. Namun, tetap harus punya prinsip dan tujuan hidup.

*Namun, saya tidak bisa share banyak foto karena privasi, dan tempat ini hanya bisa dimasuki dengan perizinan khusus.


Ketika pulang pun saya ikut berubah, sekarang saya tidak hanya memberi makan kucing kampung dan jalanan, tapi memberanikan diri memegang kucing-kucing, walau kadang geli dan takut, hehe.

Energi, niat, dan motivasi yang sangat besar, adalah hal yang dapat membuat manusia berubah.

Meningkatkan Kualitas Diri Sebagai Calon Istri

Meningkatkan Kualitas Diri Sebagai Calon Istri






Karena saya mempersiapkan diri untuk menjadi seorang istri, bukan hanya untuk dipacari, tapi jika ingin dinikahi hayuk kenalan lebih dekat dengan syarat melibatkan orang tua.

Oke,  jadi sebenarnya kalimat mempersiapkan diri menjadi seorang istri ini bukan dalam artian lebay.
Bismillah gambaran saya di masa depan.

Apa saja sih yang saya persiapkan?
Saya list saja ya, mungkin teman-teman juga ingin memulai, atau sama-sama belajar.

1. llmu agama, yaitu memahami fiqih wanita, fiqih pernikahan, dan sebagainya. Juga harus tahu hak kewajiban suami istri, terhadap keluarga, masyarakat,  lingkungan, dll.

2.  Manajemen emosi, manajemen emosi Ini sebenarnya sudah lama saya pelajari sejak Sekolah Menengah Atas yaitu untuk bisa bersikap lebih tenang, sabar, bersikap lebih keibuan, dan akhir-akhir ini saya mempelajari suatu hal itu namanya legowo.  Yang mana Kalau saya tidak mendapatkan sesuatu, dengan syarat sudah usaha,  ya sudah saya pasti akan mendapat gantinya yang lebih baik karena Allah tidak pernah tidur.

3. Mengatur keuangan, saya memegang prinsip suami yang tetap harus menafkahi istri.  Manajemen keuangan,  mengetahui bagaimana dana darurat, dana pendidikan, tagihan, dana untuk keluarga, dan sebagainya.  Makanya untuk di rumah, saya ayah saya memanggil saya "bendahara" karena untuk tagihan, dan juga yang berurusan dengan transfer melalui m-banking saya yang ambil alih. Tagihan listrik, internet, dan sebagainya saya yang diberi kepercayaan untuk mengatur.

4. Belajar lebih dalam tentang basic skill. Saya bisa  memasak, mau menggunakan listrik, kompor gas, atau kayu bakar saya bisa. Menata rumah, ataupun  merawat rumah seperti berberes rumah juga bisa. Setidaknya urusan saya sendiri seperti pakaian, kebersihan kamar, kamar mandi, itu  bisa saya kerjakan.

5. Perawatan diri sebenarnya ini memang sudah saya rawat sih sejak dulu, karena saya menghargai diri saya sendiri, ciptaan Allah dengan cara saya merawatnya sebaik mungkin. Namun, ini sangat penting karena saya benar-benar merasakan perbedaan antara sebelum terawat dan sesudah.

6. Menjaga diri dengan interaksi terhadap laki-laki. Saya cukup menjaga, saya bisa menjamin dan saya terus berdoa berusaha tidak pernah ada satu laki-laki pun yang ( bukan mahram ) yang bisa mencium pipi saya setelah saya baligh.  Tidak pernah ada satu laki-laki pun selain ayah dan juga adik laki-laki saya juga anak kecil yang bisa memeluk saya, saya tidak pernah mengizinkan itu.

7. Saya menjaga diri termasuk interaksi di media sosial seperti batas maksimal untuk mengirim pesan, harus konfirmasi sebelum telepon ataupun video call, saya ya tidak mau terlalu sering untuk video call dan juga telepon  kecuali yang penting ataupun orang yang penting terhadap hidup saya, saat video call juga saya  sangat menjaga batasan. Saya bisa memahami karena ini adalah kondisi pandemi, interaksi harus dialihkan secara online semua.

8.Saya menjaga diri untuk tidak pernah berhubungan sexual selain dengan suami,  haram hukumnya  dan siapapun yang kalimatnya tidak sopan pasti akan saya blokir dari hidup saya dan Alhamdulillah sampai saat ini orang-orang yang saya kenal tidak pernah berani hal ini bahkan saya pernah dekat sama laki-laki dan sangat menghargai saya, memahami prinsip hidup saya dan syukurnya memiliki prinsip yang sama.

9. Belajar penting,  saya sangat suka terhadap anak kecil dan saya ketika menikah saya ingin punya anak.  Jangan dekati saya kalau kamu penganut childfree karena saya ingin memiliki suami yang memiliki visi misi prinsip seperti saya l, yaitu ingin memiliki anak.  Kalaupun memang suatu saat lama dikaruniai anak, setidaknya kita memiliki prinsip yang sama dan memiliki usaha yang sama untuk memiliki anak.  Karena saya berkaca dari beberapa kasus ketika hanya si perempuan yang ingin memiliki anak dan laki-lakinya bodo amat, perempuannya berjuang sendirian entah itu ke dokter sendirian, kontrol sendirian, program sendirian, itu sangat melelahkan dan ngebatin.  Jadi saya ingin punya laki-laki dan suami jika pun kesulitan suatu saat kita berjuang sama-sama.


10. Family oriented saya bisa bilang ini salah satu hal yang ada di diri saya, saya menggunakan nama asli di Quora, jadi ngapain ngarang kan. Bisa tanya siapapun yang kenal saya, ya saya sangat berorientasi terhadap keluarga.  Bagi saya, keluarga itu adalah anugerah yang sangat luar biasa terhadap saya. Saya merasa bahwa Alhamdulillah Masya Allah saya berasal dari keluarga yang harmonis semuanya akur dan itu kekuatan saya. Oleh karena itu, saya mencontoh dan sangat ingin harmonis juga,  sangat menghargai suatu institusi pernikahan sangat menghargai kehadiran orang yang bisa menghargai saya dan belajar tentang kesetiaan.

11. Belajar memahami dan juga menoleransi perbedaan. Entah mengapa saya merasa bahwa jika jodoh itu bukan berarti yang plek persis sama. Memiliki kesamaan, tetapi juga perbedaan cara melihat karakter ayah dan ibu saya. Ibu saya orang yang yang sangat introvert, pemalu, dan tidak berani berbicara di depan publik, sedangkan Ayah saya adalah orang yang sangat pemberani, aktif di komunitasnya, dan sering berbicara di depan publik. Namun, ya jodoh alhamdulillah.

12. Mempelajari  bagaimana memahami dan menyenangkan suami. Itu merupakan hal yang penting tapi harus vice versa. Penting karena Ibu saya bilang bahwa laki-laki itu dipuaskan oleh tiga hal yaitu dari matanya dari perutnya dan dari kemaluannya dari matanya yaitu bagaimana  dapat sabar  terhadap suami dan menyenangkannya, dari perutnya bagaimana kita dapat menyenangkan suami dengan memasak makanan kesukaannya, dan juga dari kemaluan yaitu kita dapat memahami  kebutuhan biologis masing-masing. Tentu saja hal ini harus didukung oleh "modal" suami juga hahahaha. Selain cocok secara jiwa dan raga, harus cocok secara good looking dan good rekening.



Dengan alasan-alasan tersebut yang tidak mungkin semuanya saya jabarkan tentu saja saya tidak berpacaran, karena saya meningkatkan kualitas diri bukan sekadar untuk dijadikan pacar, tapi untuk dijadikan istri.  Karena saya mencari untuk long term relationship.

Saya pernah bilang ini sama teman-teman saya bahwa 2021 ini saya memang sedang looking for long term relationship yaitu mengenal seseorang tapi bukan untuk  pacaran, mengenal 1-3 tahun dulu.   Mengenal untuk pernikahan gitu, karena saya tidak dan bukan penganut kenal 2 bulan terus nikah.  Saya ingin mengenal baik buruk dan seburuk buruknya kondisi terburuknya pasangan.  Jika saya bisa menerima dan juga jika dia bisa menerima seburuk-buruknya saya dan seburuk buruknya kondisi masing-masing, tentu saja hal-hal baik akan bisa kita jalani.

Setelah menikah akan lebih beda, tentu walau saya percaya sesudah pernikahan itu akan memulai hidup yang baru, tentu banyak yang berubah, tapi saya tetap menyerahkan semuanya kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala. Semoga saya mendapatkan suami yang memang karakter sebelum menikah dan sesudah menikah itu adalah karakter yang sama atau bahkan jauh lebih baik jauh lebih menghargai istri serta jauh lebih baik. Karena ya hidup ini dinamis, tapi saya mencintai kestabilan. Seumur hidup terlalu panjang untuk dihabiskan dengan orang yang salah.
Pentingnya Masa Lalu

Pentingnya Masa Lalu

Saya gamau naif..

Ini opini saya jika ada yang berbeda Ya tidak masalah ini kan namanya opini tentu saja pasti akan berbeda satu sama lain. Ini bagaimana cara saya memandang masa lalu, yang saya ibaratkan itu masa lalu bukan selalu negatif. Masa lalu itu juga banyak yang positif, berbeda ya masa lalu dan aib di masa lalu. Masa lalu itu sangat luas.

Kalau nulis pertanyaan ini, masa lalu itu penting sekali sebenarnya.
Mengapa? Penting sekali masa lalunya karena, saya bisa melihat track record seseorang.

Semua orang kan punya masa lalu dan semua orang juga punya masa depan, sayangnya saya nggak bisa tahu masa depan, yang bisa saya tahu hanya masa lalu. Make sense kan.

Memang ada gitu yang pasti di masa depan? Nggak kan ya, saya hanya bisa memprediksi masa depan bukan memastikan masa depan, tapi kalau masa lalu itu udah pasti adanya tanpa harus diprediksi dan di situlah muncul probabilitas yang bisa kita lihat. Namun, perlu diingat bahwa kita tidak boleh mutlak menilai seseorang hanya dari masa lalunya kita tetap harus melihat bagaimana kemungkinan yang akan terjadi dan juga hal di masa sekarang yang telah dilaluinya.


Tapi sayangnya,
Semuanya saya rasa ketika masa sekarang kebanyakan dinilai dari masa lalu nggak sih?

Sederhananya nih nyari pekerjaan yang dilihat adalah pengalaman kerja. Pengalaman kerja didapat dari kapan? Ya dari masa lalu. Maksudnya hal yang udah pernah dilalui, ya nggak sih?

Terus juga mau daftar beasiswa, yang dilihat apa? Masa lalunya juga. Pengalaman, track record, dan juga kegiatan yang impactful.

Kemudian juga kalau nyari pasangan yang dilihat apa, bagaimana masa lalunya juga.

Seperti kegiatannya apa aja kerjaannya di mana kuliahnya di mana background keluarganya seperti apa, bahkan kayaknya hampir semua dinilai dari masa lalu deh, ya nggak sih?


Oh mungkin konotasi masa lalu ini selalu yang negatif ya? Kayak aib ataupun hal-hal yang tidak patut?

Masa lalu itu nggak selamanya buruk, masa lalu juga banyak baik.

Coba deh nih yang kayak pas pemilihan gubernur misalnya, yang dinilai, dicari celah, dikulik, diintai, apanya ya masa lalunya dan janji yang belum pasti di masa depan!

Dinilai juga pernah korupsi nggak, pernah ada tindakan kriminal nggak, pernah melakukan hal yang tidak terpuji nggak.

Begitu, nah kita harus ingat nih masa sekarang itu akan menjadi masa lalu di masa depan.

Jadi kalau kita ingin punya masa lalu yang baik, maka kita harus membuat masa sekarang menjadi masa yang baik gitu.

Supaya track recordnya juga baik gitu, nggak hanya untuk diri kita, tetapi untuk lingkungan, keluarga, dan juga kalau seorang muslim juga dengan akhirat juga.


Jadi masa lalu itu sangat penting bagi saya, apalagi pasangan, pertemanan, kolega kerja, sama sejawat, teman belajar, semuanya.

Saya juga menilai masa lalunya karena masa iya sih, kamu nggak khawatir kalau misalnya temanmu itu seorang yang pernah membunuh orang lain? Misal seorang psikopat.

Kamu yakin nggak akan menilai referensi itu? Dengan dalih itu masa lalunya. Iya karena masa lalunya seperti itulah harus lebih waspada.
Begitu juga jika dinilai sebagai seorang yang sangat dermawan, baik, memangnya kamu yakin nggak akan memilih dia sebagai pasangan?

Masa lalu itu bisa berulang makanya kita belajar sejarah. Kita memegang kendali, menciptakan masa lalu yang baik, masa depan yang cerah, dan masa sekarang yang bahagia.


Nah, kalau misalnya berkaitan dengan aib, aib itu adalah sesuatu yang mungkin buat malu seseorang dan dia sekarang sudah bertaubat sudah berubah dan tidak seperti itu lagi, malah bagus. Keren, hebat. Bukankah itu suatu kemajuan yang besar.

Menciptakan masa lalu yang baik itu penting, makanya harus dijaga itu.

Tulisan saya sekarang ini pun bisa menjadi masa lalu saya di masa depan, komentar teman-teman di postingan pun akan menjadi masa lalu di masa depan, jadi kita memegang kendali di masa sekarang untuk menciptakan masa lalu yang baik, menciptakan jejak yang baik dan terus berusaha berbuat baik.