√ [PENGALAMAN] Lulus Seleksi SMAN 10 Fajar Harapan Boarding School Aceh - Heyraneey | Talk Less Write More

[PENGALAMAN] Lulus Seleksi SMAN 10 Fajar Harapan Boarding School Aceh


Halo assalamualaikum rani mau berbagi pengalaman seleksi masuk SMA 10 Fajar Harapan Boarding School Aceh. SMA Negeri 10 Fajar Harapan (biasa juga disebut Farhan atau Japan's School) adalah sebuah sekolah menengah tingkat atas berasrama unggulan yang terletak di Banda Aceh.

 Boarding School adalah konsep sekolah dengan tinggal di asrama. Yang membedakan dengan sekolah umum selain tinggal di asrama adalah adanya tambahan kurikulum pesantren didalamnya. Dapat dikatakan bahwa Boarding School adalah perpaduan antara sekolah umum dan pesantren.


Karena beberapa pertanyaan yang masuk melalui DM Instagram, jadi sekalian ditulis aja deh agar penjelasanya ga berulang xxixi.

 

 

Jadi rani seleksi itu 2015. Perlu dicatat ya, 2015, jadi kalau ada perubahan mungkin bisa dicek di website  http://ppdb.fajarharapan.sch.id/

 

 

Okay 2015 seleksinya terdiri banyak seleksi dan sistemnya itu gugur.

Untuk seleksinya sendiri ada empat  seleksi yaitu

1.Tes administrasi

2.Tes tulis

3.Tes kesehatan

4.Tes wawancara.



 

Tes atau seleksi administrasi

Ada seleksi administrasi yang mana akan ada rata-rata nilai rapor minimalnya berapa, kemudian juga ada minimal nilai per bobot pelajaran, kemudian juga akan ada seleksi administrasi seperti kelengkapan berkas karena kalau misalnya berkasnya itu nggak sesuai dan juga nilai rata-rata teman-teman enggak sesuai dengan nilai minimum maka akan otomatis untuk mengukur.

 

 Untuk biaya masuk Fajar Harapan itu sendiri sehingga saya dulu tahun saya itu adalah 10 juta itu belum termasuk dengan spp-nya ya tapi sudah 10 juta itu dengan perabotan di asrama yang mana kasur menjadi milik pribadi, kemudian juga lemari menjadi milik pribadi, dll. Semua keperluan sekolah itu sudah di 10 juta mungkin tahun ini akan ada perubahan karena kan adanya inflasi juga ya jadi bakalan ada peningkatan.

 

 

 Tes tulis

Materi yang diujikan adalah materi-materi sekolah seperti matematika, tes potensi akademi, biologi, fisika dan pelajaran pelajaran sekolah SMP soalnya mungkin setingkat soal olimpiade untuk SMP, tapi tidak semuanya sulit. Beberapa soal olimpiade, beberapa soal yang umum. Namun, biasanya soal tes itu berpola. Dulu waktu saya tahun 2015 itu soalnya cenderung mirip dengan soal-soal yang pernah diujikan sebelumnya jadi mirip. Saya dulu punya arsipnya, tapi sekarang udah nggak tahu lagi dimana karena udah lama banget kan. Kemudian tes tulis itu sendiri teman-teman harus benar-benar perhatikan ya apakah boleh dijawab semua, seingat saya tahun 2015 itu tidak ada sistem minus jadinya diharapkan menjawab semua soal.

 

Kemudian setelah tes tulis maka akan diumumkan siapa saja yang lolos dari tes tulis tersebut tahap seleksi itu seingat saya ada ratusan orang yang mendaftar tapi yang lolos untuk seleksi wawancara dan seleksi kesehatan itu hanya setengahnya dulu nomor urut saya adalah 88 dan saya seneng banget karena saya rasa itu nomor keberuntungan saya banget saat itu. Kemudian setelah pengumuman lulus, ada tahapan lagi yang harus saya ikuti. Saya ikut lagi seleksi wawancara dan seleksi kesehatan.

 

Tes kesehatan

Tes ini harus benar-benar dan harus bisa untuk beraktivitas fisik. Sebaiknya teman-teman latihan rutin, karena apa  tes kesehatan itu adalah lari mengelilingi sekolah Fajar harapan yang luas dan teman-teman harus bisa mengelilingi sebanyak 4 kali putaran dan kemudian nanti dihitung menitnya jadi dihitung oleh penjaga waktunya berapa menit teman-teman bisa lolos dari 4 putaran itu sendiri nah itu yang akan dilihat apakah teman-teman kuat atau tidak. Pada zaman saya, ada yang sampai pingsan di 2 putaran, ada yang jatuh di putaran ketiga, ada yang di sekolah putaran keempat pingsan, sesak nafas, dan sebagainya. Itu akan menjadi penilaian yang sangat berarti makanya teman-teman harus benar-benar memastikan keadaannya fit dan tidak sedang sakit karena itu benar-benar mengganggu banget kualitas kesehatan waktu itu dan alhamdulillah saya waktu itu untuk tes kesehatan bisa 4 putaran.

Memang capek banget karena juga sedang kurang fit, tapi sebelumnya itu udah wanti-wanti dengan minum madu dengan makan-makanan yang bernutrisi untuk menjaga kesehatan agar tidak tumbang. Terserah deh setelah tes kesehatan mau tumbang atau enggak yang penting tumbangnya itu saat sampai di rumah hahaha, saking ngebet lulusnya. Jangan di depan panitia pelaksana karena itu sangat mempengaruhi penilaian, dan saya inget banget yang pingsan waktu itu nggak lulus karena memang di Fajar Harapan adalah Boarding School, didikannya itu juga. Waktu itu ospeknya juga lumayan menguras tenaga, makanya harus sehat jasmani dan rohani.

 

Tes wawancara

Berkaitan  tes wawancara ini ada beberapa tahap ada juga wawancara yang bahasa Indonesia dan juga wawancara bahasa Inggris. Untuk wawancara bahasa Indonesia itu juga kaya sekali tes agama. Jadi disuruh ngaji dan disuruh untuk praktik keagamaan karena di Fajar Harapan sendiri hanya menerima muslim ya jadi benar-benar dites bacaannya lefasihannya seperti apa. Kemudian menilai makharijul hurufnya, kemudian akan ditanya perkara hafalan Alquran dan hafalan sehari- hari. Bagaimana shalat bacaan, shalat dan sebagainya. Jadi temen-temen kalau untuk tes agama ini kalau misalnya teman-teman sudah melakukan sesuai dengan kehidupan sehari-hari insya Allah bisa lulus karena tes agama itu yang apa yang kita lakukan tiap hari gitu.

 

Untuk menilai apakah temen-temen fasih atau tidak juga untuk mengetes apakah beneran muslim atau bukan. Kurang lebihnya kalau untuk tes wawancaranya sendiri. Tes wawancara  ini terdiri dari pertanyaan dalam bahasa Inggris, saat itu saya pengujinya ini aksen bahasa Inggrisnya aksen bahasa Inggris Australia jadi teman-teman juga harus bisa memahaminya waktu itu yang ditanyain ada yang dalam bahasa Indonesia dan juga bahasa Inggris jadi setelah pertanyaan bahasa Indonesia pakai bahasa Inggris kalau pertanyaan bahasa Indonesia mungkin cukup rumit. Sangatlah menjebak.

1.Bagaimana jika air mati di asrama dan mati lampu di asrama

2.Apa yang akan kita lakukan kemudian

3.Bagaimana menengahi konflik dengan teman kamar di asrama

4.Bagaimana dan Apa keinginan untuk sekolah asrama

5.Bagaimana menghadapi konflik di sekolah

6.Apa tujuan untuk masuk sekolah asrama

7.Apa saja yang teman-teman pikirkan agar bisa lulus di sekolah asrama hal apa saja yang telah teman-teman persiapkan

 

Kemudian kalau untuk tes bahasa Inggrisnya lebih ke

1.Introduce yourself ataupun perkenalan diri kamu dan juga ditanya dalam bahasa Inggris.

2.Apa cita-cita dan tujuan hidup

3.Kemudian juga ditanya kenapa memilih sekolah ini kemudian juga

4.Bagaimana isu yang sedang hangat saat itu.

 

Kurang lebih seperti itu waktu tahun 2015 saya ikut seleksi mungkin untuk teman-teman akan ada sedikit perbedaan ya untuk tahun 2021 ataupun kedepannya karena memang seleksi nya itu kan sudah beberapa tahun berlalu mungkin akan ada penambahan ataupun pengurangan dari seleksi mungkin.

 


Cukup sekian, jika ada yang bertanya bisa di komentar terima kasih Semoga lulus ya dan bisa menjadi bagian dari alumni Fajar Harapan yaa!Materi Seleksi

 

 


Get notifications from this blog

Halo! Terima kasih sudah membaca.