√ 'Bukan' Tips Percaya Diri - Heyraneey | Talk Less Write More

'Bukan' Tips Percaya Diri


Banyak orang yang memberikan tips percaya diri, memberikan tips berbicara di depan publik, bagaimana percaya diri menghadapi banyak orang. Namun, tidak memberikan solusi dasar yang sebenarnya harus dimiliki oleh setiap orang untuk percaya diri, salah satunya adalah apa sumber percaya diri seseorang. Ini jawabannya akan berbeda-beda, kenapa?

Karena setiap orang punya sumber percaya diri yang berbeda-beda pula. Ada yang memiliki sumber percaya diri karena hartanya, ada yang sumber percaya diri dari keluarganya, ada yang sumber percaya diri dari kecantikannya, ada yang sumber percaya diri dari pasangannya. Intinya, sumber percaya diri itu beragam, tapi yang paling ampuh adalah sumber kepercayaan diri dari dalam diri sendiri.

 

Percaya diri lahir dari kemampuan sih biasanya, sama seperti kecemasan datang dari ketidaktahuan.

Jadi segala sesuatu yang kita pancarkan dari diri kita itu sebenarnya ada pemicu atau pencetusnya gitu. Percaya diri itu timbul kalau kita merasa bahwa mampu melakukan hal yang ingin kita tuju.

Misalnya saya akan percaya diri jika disuruh menulis, tapi saya akan sangat tidak percaya diri jika disuruh ikut olimpiade matematika xixi.

Karena saya tidak punya kemampuan untuk olimpiade matematika, jadi ya tidak percaya diri dong karena tidak punya kemampuan.


Akar dari percaya diri itu adalah kemampuan, jadi misalnya ada orang nyuruh saya ikut kompetisi olimpiade matematika dan bilang saya harus percaya diri dan yakin bisa, akan saya jitak perlahan Hahaha (becanda), alasannya yak arena itu bukan sumber kepercayaan diri saya, bukan kemampuan saya pula.

Jadii tips percaya diri itu ga akan ngefek, kalau gaada kemampuan. Solusinya adalah temukan kemampuan dan kelebihan diri kamu, misalnya kamu bisanya atau lebihnya di berdagang, berbisnis,  kamu lebihnya di manajemen waktu, kamu jagonya di interaksi sosial, kamu jagonya di coding.

Setelah kamu merasa mengenal dan tau kemampuan kamu, kamu tekuni dan itu sekaligus menjadi branding diri kamu  menjadi sumber kepercayaan diri kamu, akan membuat kamu tuh percaya sama kemampuan kamu.

Orang juga ngingat kamu karena branding kamu,  misal kamu jago atau tertariknya di coding gitu, kamu tekuni, cari relasi. Jadinya kemampuanmu akan berkembang, kamu bertumbuh, berproses, dan akan lebih percaya diri.

 

Pilih kegiatan sesuai kemampuanmu, saya sukanya nulis, kalau disuruh ikut olimpiade matematika ya sudah pasti mundur dan malas dong.

Intinya temukan kemampuanmu, insyaAllah ada kemudahan, perluas relasi, kalau kita bergabung dengan orang-orang yang positif insyaAllah ya.

 

Bismillah bisa dong hihi.


Get notifications from this blog

Halo! Terima kasih sudah membaca.