√ Bagaimana Mengatur Waktu atau Manajemen Waktu di Tengah Kesibukan Kuliah dan Kegiatan di Luar Kampus? - Heyraneey | Talk Less Write More

Bagaimana Mengatur Waktu atau Manajemen Waktu di Tengah Kesibukan Kuliah dan Kegiatan di Luar Kampus?


Gunakan prinsip ini

Kuliah itu utama.

Keluarga itu utama.

Hobi itu juga utama.

Pekerjaan itu juga utama.

 

Semuanya utama dengan porsi yang berbeda, sejauh ini cara bagi waktunya ya dengan prioritas.


 Jangan lupa tanya ke diri sendiri pertanyaan ini,


Misalnya, kalau ngabisin dan luangin waktu ke suatu hal tersebut manfaatnya besar atau kecil?

Apa sebanding dengan energi yang dikeluarkan?

Apa mengganggu yang sudah terjadwal?

Nah, gitu pertanyaan  ke diri sendiri.

Pertanyaan tersebut akan sangat membantu untuk mengatur prioritas loh.

 

Kalau teknisnya kamu mungkin bisa membuat jadwal prioritas

 

Senin-Jumat dari pagi sampai sore (fix gaboleh ganggu gugat itu jadwal kuliah)ini bergantung jadwal kuliah kamu juga sih.

Jadi buat kegiatan, kerjaan, hobi itu di waktu senggang akhir pekan.

Kalau ada kegiatan di Senin-Jumat bener-bener mastiin jadwal apakah bentrok dengan kuliah atau engga, kalau sampe ganggu kuliah pasti saya tolak atau ga akan ikut kegiatan itu.

Sabtu-Minggu biasanya akan ikut kegiatan tapi ga full juga, malam kan pasti senggang biasanya saya habiskan bersama keluarga.

 

Karena saya tinggal bersama keluarga dan ini privilese besar, kita alhamdulillah harmonis, jadi ya setiap hari itu family time hehe.  Jadi memang yaa bareng keluarga setiap hari, kan kuliahnya juga online.

Saya juga orang yang terstruktur, kalau yang mendadak bisa juga sih cuma merasa ga maksimal (?) Kadang, hehe. 

Jadi dalam sebulan bahkan tiga bulan itu memang udah punya planner sendiri, garis besarnya seperti apa, dan spesifiknya juga ada.


 Jadi ya memang direncanakan segala sesuatunya.


Sejauh ini saya ga segan-segan akan meninggalkan kegiatan yang menguras tenaga dan manfaatnya minimal dibandingkan dengan energinya.

Begini, bayangkan kamu melakukan sesuatu yang di luar kesanggupan kamu, di luar kemampuan kamu, dan kamu nggak mendapatkan manfaat yang sebanding. Rasanya sayang sekali ya? 

Nah, karena itu kamu harus milih-milih kegiatan yang  bermanfaat buat kamu karena kalau tidak akan lelah sendiri kan akhirnya jadinya tepar deh hehe.

Dengan konsekuensi yang saya pahami juga. Gamau memaksa diri. Ya oke-oke aja sejauh ini.

Saya kuliah semester enam di kedokteran, saya punya banyak kegiatan di luar kampus yang menguras tenaga, tapiii saya tidur cukup, jarang banget begadang selama kuliah, tugas kuliah aman, kerjaan aman, hobi jalan, kegiatan jalan, keluarga bahagia, interaksi sesama juga jalan.

 

Naah, udah bagus belum  nih manajemen waktumu? hihi

 

 


Get notifications from this blog

Halo! Terima kasih sudah membaca.