√ [PENGALAMAN] Serba-Serbi Bersekolah Asrama di SMAN 10 Fajar Harapan Aceh - Heyraneey | Talk Less Write More

[PENGALAMAN] Serba-Serbi Bersekolah Asrama di SMAN 10 Fajar Harapan Aceh

 

Beberapa waktu lalu bermula dari tulisan saya yang ini

Ada yang mengirimi saya pesan di Instagram, agar saya menulis lebih banyak tentang kegiatan di sekolah asrama. Sekadar informasi saya merupakan alumni dari sekolah asrama, SMAN 10 Fajar Harapan Aceh. Sekolah asrama kerap dikaitkan seperti penjara karena tidak bebas melakukan aktivitas apapun dan segala sesuatu diatur sebagaimana peraturan sekolah dan peraturan dari asrama.


Saya sendiri waktu itu bersekolah di SMAN 10 Fajar Harapan, tidak terlalu merasakan hal demikian. Hal ini karena seiring waktu saya bisa beradaptasi dengan sekolah.  Mungkin saya akan menuliskan  sedikit kegiatan yang ada. Di tulisan ini juga saya akan menjabarkan peraturan di SMA saya seperti apa. Dimulai dari peraturan di sekolah untuk disiplin harian yaitu sekolah masuk dan berkegiatan. Itu dari pukul 7 sampai dengan pukul 5 sore. Namun, kegitan tidak hanya itu. Siswa harus bangun sebelum shalat subuh karena akan adanya salat subuh berjamaah di mushola dan itu wajib berjamaah akan kena hukuman ataupun essay yang peraturannya dijalankan dan diawasi oleh OSIS. Untuk mengakalinya ada yang mandi sebelum Subuh atau ada yang mandi setelah Subuh. Nah, kemudian setelah itu sarapan sebelum jam masuk ke sekolah sarapan pagi di ruang makan dengan antre menggunakan piring sendok dan peralatan pribadi kemudian setelah itu barangnya dicuci sendiri dan disimpan pada tempat yang telah disediakan diri sendiri itu masuk ke kelas berkegiatan jam 10 istirahat.


Mungkin saya tulis sedikit gambarannya ya.

Jadwal harian asrama

04.00 bangun tidur

04.30 di masjid atau mushalla subuh berjamaah agar tidak telat

Selepas shalat subuh kegiatan fleksibel. Tergantung beberapa hal.

Jadi dapat digunakan untuk

    Mandi

    Bersih-bersih asrama

    Lari pagi

    Bersih jadwal piket halaman sekolah

 

07.00 bersiap makan pagi

07.30  shalat dhuha berjamaah

08.00 di kelas, kalau hari senin bersiap untuk upacara

10.00 istirahat

10.10 masuk kelas

13.00 istirahat, shalat jamaah, makan siang

14.00  masuk kelas siang

16.00 pulang sekolah, shalat jamaah ashar

17.00 istirahat sore, makan sore, mandi dan beberes

18.30 bersiap shalat maghrib jamaah

19.15 pengajian malam

20.00 shalat isya jamaah

20.40 belajar malam di kelas

22.00 pulang dari belajar malam, istirahat, tidur.

 

kenangan kompetisi

Nah, kegiatan tersebut di atas ada bersifat mengikat dan fleksibel. Untuk shalat, kegiatan sekolah bersifat mengikat. Yang sangat wajib, jamaah 5 kali sehari, juga dengan kegiatan sekolah yang terikat.

Di sini untuk kegiatan yang dijalankan dan diawasi oleh OSIS juga bersifat mengikat, yang mana tiap siswa yang melanggar peraturan OSIS akan mendapat hukuman dapat berupa hafalan, essay, atau bisa ditindak lanjut hingga ke ruang BK/ guru.

 


Saya ceritakan gambarannya dikit yaa.

Teman kamar di asrama

ASRAMA

Terdapat Pembina asrama, baik pembina asrama putra dan putri. Memiliki tugas yang berkaitan di luar jam sekolah, seperti mengontrol siswa pada sore dan malam hari. Jika ada siswa sakit, maka pembina asrama memiliki peranan penting untuk  membawa dan mendampingi siswa berobat. Pembina asrama juga mengontrol setiap pagi, sore, dan malam.

Kehidupan di asrama juga harus melakukan piket, pembersihan asrama, kamar mandi, halaman asrama, kawasan jemuran pakaian, dan banyak lainnya yang merupakan tanggung jawab dari tiap penghuni asrama.

Kamar mandi di asrama, bergantung pada blok/lokasi dari asrama. Namun, kamar mandi keseluruhan tidak berada di dalam kamar, lokasinya di luar kamar dan dipakai secara bersamaan.

Sistem pembersihan asrama, memiliki piket. Kondisi asrama berbeda-beda tiap blok/asrama. Saat itu saya di blok H dengan 20 penghuni per kamar. Maka sistemnya adalah piket secara bergantian. Dilakukan secara gotong royong.

Kamar asrama luasnya seukuran kelas terletak di lantai dua, dengan ranjang atas dan bawah. Bersama penghuni kamar yang 20 orang, terdapat canda,tawa, sedih, marah, kecewa, lalu kembali seperti sedia kala. Layaknya sebuah keluarga. Karena yang 24 jam bersama adalah teman kamar, terutama teman samping ranjang.

 

Peraturan keluar masuk asrama juga ada, terutama perihal kepulangan dan balik ke asrama. Siswa diizinkan untuk pulang ke rumah setiap sabtu siang, dan kembali ke asrama setiap minggu sore. Jadi di SMA ini, saya tidak terlalu merasa home sick, kecuali saat awal tinggal di asrama. Karena setiap minggunya diizinkan untuk pulang.

Jadwal untuk kunjungan adalah hari kami sore, jad keluarga diizinkan untuk mengunjungi dan bercengkerama ke asrama pada kamis sore. Sekolah di sini tidak seketat yang dibayangkan, siswa masih bisa mengekspresikan diri dan ikut kegiatan yang disenanginya. Untuk perihal makanan, saat zaman saya, tahun 2015-2018 siswa diizinkan membeli makanan di luar, dengan dititipkan di pos satpam. Jadi ya, untuk masalah makanan sama sekali tidak mengganggu. Karena gizi tercukupi.




 

MAKANAN

 Berkaitan dengan makanan, siswa makan 3 kali sehari. Jika ada yang ingin puasa, juga disediakan makanan sahur, yang dapat diambil di dapur, juga maknan berbuka. Bagi yang alergi juga terdapat makanan opsional, seperti ikan air tawar, dan lainnya. Selama melapor dan konfirmasi, akan diberikan.

Menu makanan juga variasi,

Untuk makanan sangat variasi.  Bisa nasi goreng, nasi gurih, nasi putih, mie, bubur,  dengan lauk juga variasi. Seingat saya, untuk makanan termasuk hal yang sangat fleksibel dan disyukuri menunya yang saya sangat ingat masih ayam goreng, ayam masak aceh, ayam semur, ayam lado, ayam cabe hijau, opor ayam, soto ayam, nugget ayam, keumamah, daging rending, daging lado, bakso, mie goring, bubur kacang hijau, bubur kacang merah, ikan teri lado, ikan asin lado, ikan masak aceh, ikan goreng, ikan lado, ikan bakar, dan banyak lainnya yang saya lupa, hehe.

Untuk makanan paling sering menu variasinya adalah ayam.

Juga tersedia buah seperti papaya, semangka, jeruk. Pudding, teh susu, teh manis, dan lainnya.

Hanya itu yang saya ingat, menunya termasuk lumayan menurut saya.

 

Suasana di kelas.

SHALAT

 

Untuk shalat diwajibkan selalu berjamaah di mushola, lima kali sehari plus dhuha berjamaah. Jika kedapatan tidak berjamaah akan mendapat hukuman dapat berupa essay atau hafalan quran. Untuk shalat juga terdapat peraturan pakaian shalat, laki-laki menggunakan sarung, perempuan wajib menggunakan mukena berwarna putih.  Harus berada di mushola tepat sebelum iqamah, karena akan adanya absen yang dilakukan oleh OSIS. Jika saat absen tidak ada, maka bersiaplah untuk hukuman.

Shalat adalah kewajiban tiap muslim, tapi pembiasaan dengan jamaah yang ditekankan juga kedisiplinan.

 

SPEECH

Nah, ini momok yang lumayan menakutkan bagi siswa baru dan tahun kedua. Apalagi yang tidak berani berbicara di depan umum. Ini ajangnya keringat dingin, jadi untuk speech  yang pertama diberikan waktu 7 menit untuk speech dalam Bahasa. Selanjutnya untuk jadwal giliran selanjutnya menggunakan, English. Jika mendapat giliran ketiga, maka bisa menggunakan Bahasa asing, dan diperbolehkan menggunakan English. Akan sangat duji, karena berbicara di depan ramai orang dan  disaksikan satu sekolahan. Namun, saya rasa ini adalah ajang melatih kepercayaan diri dan juga eksistensi kepandaian berbahasa.

 

BAHASA

 

Di sini, Bahasa juga diwajibkan. Terdapat spy yang bertugas mencatat kesalahan berbahasa tiap siswa. Nah, ini agak tricky karena yang melapor kesalahan berbahasa adalah teman. Jadi kita sangat dilarang menggunakan Bahasa selain ketentuan hari yang ditentukan.

English day, hari wajib berbahasa inggris. Kemudian nanti juga ada hari bebas, di sini bebas menggunakan Bahasa apapun. Ada juga hari yang hanya boleh menggunakan Bahasa selain Bahasa inggris dan Bahasa Indonesia. Jika melanggar tentu ada hukuman, bisa berupa speech, atau bahkan essay dalam Bahasa inggris dan Indonesia.

 

ALAT KOMUNIKASI

 Di sini, hanya boleh menggunakan telepon yang tidak memiliki kamera dan akses internet. Seperti telepon genggam merk n*kia yang tidak punya kamera. Berlaku untuk siswa pada tahap awal, tapi jika sudah pada masa-masa penerimaan siswa dan ajang festival di sekolah. Diizinkan membawa gawai, karena kebutuhan akses informasi. Untuk laptop, diperbolehkan, karena sekolah memberikan akses dan kebutuhan pembelajaran juga tugas presentasi. Jadi untuk komunikasi dengan keluarga tentu sangat mudah karena diizinkan menggunakan telepon genggam.

 

 

Ini gambaran seragam sekolah

PAKAIAN

Pakaian sangat diatur ketat, di sini dijalankan dan diawasi oleh OSIS seksi budi pekerti. Mulai dari kepala sampai dengan kaki. Semuanya sudah diatur, saya akan menjabarkan tentang pakaian siswi saja ya karena ini saja sudah sangat panjang.

Jilbab : wajib tebal, jilbab kain. Minimal 3 cm di bawah symbol lambing sekolah, artinya harus menutupi dada. Dilarang menggunakan pashmina dan jilbab yang tidak sesuai syari. Untuk jilbab yang kainnya tipis, wajib dilapis dua jilbab agar tidak menerawang. Wajib menggunakan ciput/dalaman jilbab agar tidak kelihatan anak rambut dan rambut poni. Wajib menggunakan peniti dan nama pengenal di jilbabnya.  Untuk ke sekolah dilarang menggunakan kerudung instan, harus kerudung kain dan seragam

Untuk kegiatan sehari-hari di luar jam sekolah, ketentuan jibab juga sama. Menutup bagian dada dan 4 cm di bawah bahu. Tidak harus jilbab yang sangat besar.

 Baju, rok, gamis, celana : baju wajib panjang, tidak boleh ketat, panjang baju harus di bawah bokong, tidak boleh menggunakan baju yang pendek. Diperbolehkan menggunakan gamis, rok, dan celana.

Untuk rok : tidak boleh rok berbahan karet, tidak boleh rok yang pendek, tidak boleh rok span yang ketat

Untuk gamis : dilarang gamis yang ketat

Untuk celana : hanya boleh menggunakan celana kain yang longgar, dengan ketentuan panjang baju harus di bawah lutut.

Untuk pakaian yang tipis, wajib menggunakan manset baju.

Diwajibkan menggunakan manset tangan.

Wajib menggunakan kaos kaki, dengan ketentuan panjangn kaos kaki 15 cm di atas mata kaki.

Wajib menggunakan legging( dalaman) jika menggunakan gamis dan rok.

 

Sepatu diperbolehkan bebas, untuk ke sekolah sepatu wajib hitam. Untuk kegiatan sehari-hari jika dalam kelas, diwajibkan menggunakan sepatu tertutup dan bebas.

 

Jarak antara laki-laki dan perempuan minimal 1 meter, foto tim majalah.


INTERAKSI

 

Di sini, interaksi sebenarnya tidak seketat itu dibatasi.

Interaksi antara sesama teman perempuan sama seperti pada umumnya, tetap menjaga etika.

Interaksi dengan senior perempuan, jika lewat di depan senior wajib mengucapkan salam, “Assalamualaikum Kak” dengan senyum terhadap senior. Makanya penting sekali mengenal mana senior mana teman seangkatan, bisa dlihat pembedanya dari “penanda” yang hanya siswa Fajar Harapan yang tau xixixi.

Interaksi dengan teman laki-laki yang seumuran atau senior  dibatasi, yaitu jarak antara laki-laki dan perempuan ketika berbicara minimal 1 meter. Jadi tidak boleh berdekatan, jika ada laki-laki yang lewat tunggu hingga selesai mereka berjalan. Wajib menundukkan pandangan jika melihat laki-laki yang lewat.

Hal ini berlaku juga sebaliknya, interaksi antara laki-laki dengan teman perempuan. Dilarang berbicara hal yang tidak penting.

Dengan guru, jika ada guru yang lewat, wajib mendatangi guru tersebut salam tangan, dan mengucap salam.

Sangat ditekankan

“SALAM, SENYUM, SAPA, SOPAN, SANTUN” jadi hal itu harus menjadi nilai dasar yang dimiliki.

 


Foto saat wisuda 2018



 Saya bersekolah dari tahun 2015-2018, kemungkinan banyak sekali hal yang berubah saat ini dan juga yang tak tertulis di tulisan saya kali ini. Karena lupa dan bingung hal apa lagi yang harus ditambahkan. Jika ada waktu luang akan saya tambahkan lagi InsyaAllah, terima kasih sudah membaca!

 

 

 

 

 

Get notifications from this blog

Halo! Terima kasih sudah membaca.