√ Manfaat ASI Eksklusif Bagi Ibu dan Bayi - Heyraneey | Talk Less Write More

Manfaat ASI Eksklusif Bagi Ibu dan Bayi


Assalamualaikum semua, long time no see. Hari ini rani mau bahas sedikit informasi yang rani peroleh saat semester satu di Pendidikan Dokter Unsyiah. Hal ini sangat debatable! Karena tiap perempuan yang ditakdirkan menjadi ibu, pasti akan mengalami masa ini, yap! Masa menyusui anak.


Di mana letak debatable nya? Ya, antara ASI eksklusif vs susu formula. Namun kali ini rani akan membahas mengenai ASI eksklusif saja ya, karena keilmuan rani belum sedemikian mumpuni  untuk melakukan perbandingan yang nyata tentang perkembangan bayi yang diberi ASI eksklusif dengan bayi yang diberi susu formula.

 

Mari kita bahas dari yang paling fundamental dulu, apa itu ASI?

ASI adalah suatu emulsi lemak dalam larutan protein, laktose, dan garam-garam organik yang disekresikan oleh kedua belah kelenjar payudara ibu, sebagai makanan utama bagi bayi.  Jadi secara sederhana, ASI adalah sumber makanan utama bagi bayi yang mengandung komponen bergizi secara sempurna yang dibutuhkan oleh bayi.

 

Bagaimana cara pembentukan ASI hingga bisa dikeluarkan dari kelenjar mamae (payudara) ibu?

Berikut rani jelaskan secara sederhana namun tetap menggunakan sumber yang terpercaya, dirangkum dari buku Sherwood.

 

 


Jadi selama kehamilan, memang terdapat perubahan pada kelenjar mamae ibu. Hal ini guna mendukung masa laktasi ibu pada si bayi nantinya. Nah, sebenarnya secara ilmiah tubuh ibu telah melakukan persiapan yang matang untuk memberikan nutrisi bagi bayinya setelah dilahirkan, memang tiap tubuh ibu berbeda. Namun, secara ilmiah tiap kelenjar mamae ibu mampu memproduksi ASI, tinggal pihak ibunya apakah akan memberi ASI eksklusif atau tidak. Selain itu, hormon memiliki peranan yang sangat penting juga, seperti hormon oksitosin dan prolaktin.

 

Selanjutnya, mari kita bahas ASI eksklusif. Apa sebenarnya maksud dari ASI eksklusif itu?  

ASI eksklusif  arti sederhananya adalah pemberian ASI pada bayi yang hanya diberi ASI sebagai asupan makan dan minumnya. Menurut anjuran WHO hal ini dilakukan selama 6 bulan kemudian diteruskan hingga umur 2 tahun dan diberikan Makanan Pendamping ASI (MPASI) yang disesuaikan tekstur dan jumlahnya.

 

Seberapa penting  ASI eksklusif bagi bayi?  Berbagai literatur yang rani baca, ya sangat penting! Kandungan kolostrum yang ada sangat membantu antibodi bayi apalagi yang baru lahir. Berikut rani tuliskan beberapa manfaat pemberian ASI khususnya ASI eksklusif yang dapat dirasakan bayi adalah :

 

1. Nutrisi bagi bayi

ASI merupakan sumber gizi yang sangat ideal dengan komposisi yang  seimbang dan disesuaikan dengan kebutuhan pertumbuhan bayi. Jadi pemberian ASI seharusnya sudah sangat memenuhi kebutuhan nutrisi bayi.

 

2.  Meningkatkan daya tahan tubuh bayi

Bayi baru lahir secara alamiah mendapat imunoglobulin dari ibunya melalui plasenta. Namun, kadar zat ini akan cepat sekali menurun segera setelah bayi lahir. Karena plasenta yang merupakan komponen penting penghubung ibu dan bayi diputus sehingga memerlukan asupan nutrisi dari ASI.Badan bayi baru membuat zat kekebalan cukup banyak pada waktu usia 9 sampai 12 bulan.

 

3. Meningkatkan pertumbuhan otak

Nutrisi sangat berperan penting dalam perkembangan otak, karenanya ASI eksklusif merupakan hal yang krusial, terlebih di masa golden age.

 

 4. Meningkatkan rasa sayang ibu dan bayi

Bukan hal baru, kedekatan saat menyusui memberikan rasa nyaman pada bayi sehingga tercipta rasa aman dan jalinan sayang antara ibu dan bayi.

 

Apakah hanya bayi yang merasakan manfaat ASI ? Tentu, tidak! Ibu pun juga merasakan manfaat dari pemberian ASI eksklusif loh.  Dari literatur yang pernah rani baca dan juga penjelasan dokter spesialis anak saat beliau menerangkan materi, pemberian ASI eksklusif juga sangat bermanfaat bagi ibu. Berikut penjelasannya :

 

 

1. Mengurangi pendarahan setelah melahirkan 

Saat ibu menyusui, hormon oksitosin mengalami peningkatan yang berguna mengurangi pendarahan, karena hormon oksitosin ini juga berperan dalam vasodilatasi pembuluh darah sehingga mengurangi terjadinya anemia. Selain itu juga mengembalikan ukuran rahim, ini berhubungan dengan kadara hormon oksitosin juga.

 

2. Mencegah kehamilan saat masih menyusui bayi 

Adanya reflek hisapan mulut bayi pada putting susu ibu merangsang ujung saraf sensorik sehingga post anterior hipofise mengeluarkan prolaktin. Prolaktin masuk ke indung telur, menekan produksi estrogren akibatnya tidak ada ovulasi. Selama ibu memberi ASI eksklusif dan belum haid, 98% tidak akan hamil pada 6 bulan pertama setelah melahirkan. 

 

3. Lebih mudah langsing

Saat menyusui bayi mengambil energi dan timbunan lemak dari ibu sehingga kemungkinan untuk lebih mudah langsing juga mengurangi kemungkinan menderita kanker.

 

Nah, terkadang setelah melahirkan apalagi sejak punya bayi, para ibu sangat kesulitan jika harus membawa bayinya ke praktik dokter langsung. Terlebih selama pandemi ini, udara di luar ruangan tidak ramah terhadap ibu maupun bayi. Rani punya solusinya, yaitu melalui konsul virtual dengan dokter umum maupun spesialis di Halodoc.

 

Apa itu Halodoc?

 

Halodoc merupakan sebuah perusahaan teknologi asal Indonesia yang menaungi bidang telekonsultasi kesehatan. Perusahaan ini didirikan pada tahun 2016 oleh Jonathan Sudharta di Jakarta. Melalui Halodoc, teman-teman  dapat berbicara dan konsultasi langsung dengan dokter spesialis, membeli obat, dan melakukan pemeriksaan laboratorium. Semua bisa dilakukan melalui gawai kapan saja, di mana saja 24 jam loh!

 

Rani sendiri pernah menggunakan layanan konsultasi dengan dokter umum di Halodoc, saat itu sedang tidak enak badan dan sangat lelah untuk keluar rumah. Beruntung ada aplikasi Halodoc, jadi rani bisa konsultasi langsung dengan dokter yang berpengalaman melalui aplikasi ini. Kesan yang rani dapatkan adalah, dokternya responsif dan asik sehingga untuk diagnosisnya cenderung tepat. 

 

Sekian dulu tulisan rani kali ini, selama pandemi ini jangan lupa untuk ekstra menjaga kesehatan, kebersihan, juga makanan. Semoga teman-teman dalam keadaan sehat selalu dan dilindungi-Nya. Semoga bermanfaat bagi teman-teman yang sudah membacanya  ya:)

Get notifications from this blog

Halo! Terima kasih sudah membaca.