√ Hidup dan Maknanya - Heyraneey | Sharing is caring

Hidup dan Maknanya


 Assalamualaikum. Hai, lama rasanya tidak menulis.

Perjalanan saya sebagai dokter muda, rasanya sangat nano-nano. Benar-benar tak tertebak setiap harinya, atau bahkan bisa setiap detiknya. Melihat kematian, kesedihan, atau kebahagiaan tepat di depan mata, setiap harinya. Stressful? I’m not sure. Happy? I guess 


Kehidupan adalah sebuah perjalanan unik yang dialami oleh setiap manusia yang bernafas di bumi ini, entah jika ada planet lain dengan kehidupan pula. Kehidupan dan pemaknaan sebagai rangkaian pengalaman, momen, dan pilihan yang membentuk jalan hidup seseorang. Seperti lukisan indah yang tercipta dari sapuan kuas pelukis, kehidupan pun diwarnai oleh kebahagiaan, kesedihan, kegembiraan, dan tantangan yang berbeda.


    Kehidupan tidak selalu berjalan mulus, karena di dalamnya terdapat dinamika, ketidakpastian, dan keterbatasan. Namun, semua itu adalah bagian dari esensi kehidupan yang menjadikannya menarik dan berharga. Dalam setiap momen, seseorang belajar dan tumbuh menjadi lebih kuat, bijaksana, dan berdaya. Seiring berjalannya waktu, perspektif tentang kehidupan pun berubah, dan prioritas yang dulu tampak penting mungkin berbeda di masa depan.


    Sebagai manusia, kita saling terhubung dalam kehidupan ini.  Artinya, kita berelasi, baik secara sadar maupun tidak. Kita menjalin hubungan dengan keluarga, teman, dan masyarakat di sekitar kita. Interaksi ini menciptakan cerita-cerita hidup yang tak terlupakan, membangun kenangan yang indah, serta memberikan dukungan dan kekuatan ketika kita menghadapi tantangan. Semuanya menjadi benang merah masing-masing kehidupan kita.


    Hidup juga merupakan proses pencarian makna. Proses itu pula hanya dapat kita maknai jika kita menghargai, dan menikmati tiap perjalanannya. Banyak orang mencari arti dan tujuan kehidupan mereka. Beberapa menemukan kepuasan melalui kehidupan spiritual, mengaitkannya dengan keyakinan dan nilai-nilai yang diyakini. Sementara yang lain berfokus pada pencapaian, mencari kesuksesan dan pemenuhan diri melalui prestasi dan karier.


Namun, dalam mengejar tujuan dan pencapaian, jangan sampai kita lupa menikmati momen kecil yang berharga dalam kehidupan. Saya pernah berada di titik, lelah dengan kehidupan. Melalui perenungan yang dalam, saya menyadari ternyata itu karena saya kurang menghargai makna hidup.  Saat-saat sederhana seperti matahari terbenam yang indah, senyum seorang anak, atau kebersamaan dengan orang-orang yang kita cintai, semuanya merupakan bagian penting dari kehidupan yang memenuhi jiwa.


Kehidupan juga mengajarkan tentang ketabahan dan ketangguhan. Terkadang, kegagalan dan rintangan juga turut ikut serta. Lalu bagaimana kita bangkit lah yang menentukan bagaimana kita tumbuh dan berkembang. Belajar menerima kegagalan sebagai peluang untuk belajar dan berkembang akan membantu kita menghadapi masa depan dengan lebih percaya diri.

Dalam perjalanan kehidupan, jangan lupa untuk selalu berempati terhadap orang lain. Dukungan, pengertian, dan cinta yang kita berikan pada sesama manusia dapat memberikan pengaruh positif yang besar bagi mereka dan bagi diri kita sendiri.


Ada cerita unik ketika saya sedang bertugas di IGD, di mana saat itu saya melihat ketulusan dan kebencian itu hanya berbeda setipis tisu saja. Sorot mata kasih sayang dan sorot mata kebencian, semua bercampur satu. Ada air mata ada juga nada tertawa, semua sibuk dengan urusannya masing-masing. Ada keluarga yang sangat tulus menjaga, ada pula yang tak punya siapa-siapa, datang tergopoh-gopoh sebatang kara, meminta pertolongan segera.


Ada nada teriakan tinggi karena kehilangan, alunan pekikan trauma dan kesedihan mendalam.

Ada helaan nafas bersyukur, karena penyakitnya ditangani segera dan dapat pulang kembali bersama.


Oh, jika berada di IGD rasanya ingin mematung, bukan karena bingung. Namun, karena begitu riuhnya dinamika, juga banyak pembelajaran yang akan didapatkan dengan melirik dan peduli lebih dalam


Tentu saja, setiap kehidupan memiliki ceritanya masing-masing. Kita semua unik dan berbeda, dan inilah yang membuat kehidupan begitu menarik. Jadilah penulis kisah hidupmu sendiri, penuh warna dan makna, karena pada akhirnya, kehidupan adalah tentang bagaimana kita menjalani dan memberikan arti pada setiap hal yang kita alami.


Semoga kamu dapat memahami tulisan sederhana ini ya

Salam sayang

Raneey 


Get notifications from this blog

Halo! Terima kasih sudah membaca.