√ Perempuan dan Pola Pikir - Heyraneey | Talk Less Write More

Perempuan dan Pola Pikir

 




 

       Terkadang menjadi perempuan adalah suatu anugerah. Namun, juga sedikit sulit di dunia yang patriarkis. Masyarakat menganggap bahwa perempuan tidak boleh mandiri, karena akan sulit mendapatkan laki-laki yang mau menikahinya. No offense, sometimes lingkungan  kita kadang kala dan banyak demikian.

Zaman sekarang, harusnya perempuan mampu menentukan pilihan, apakah ingin  berdiri dengan kakinya sendiri, tegak berdiri. Tanpa harus takut akan stigma di masyarakat yang mengahruskan perempuan untuk tidak berkarya.

 Harusnya kita sendiri mampu menjadi pahlawan bagi diri kita sendiri, I am hero!

Banyak perempuan saat ini yang merasa insecure atau bahkan merendahkan dirinya, hanya karena lingkungan toxic yang mengekangnya untu bertumbuh menjadi pribadi yang lebih baik. Oke, kita bahas dulu lingkungan toxic ya.

 Lingkungan Toxic (Racun)

 Lingkungan yang membuat kita seolah tidak berharga, lingkungan yang terus menuntut tanpa berpikir bagaimana cara empati terhadap orang lain. Lingkungan toxic adalah lingkungan yang membuat seseorang tidak berkembang dengan dirinya dan kerap kali merugikan yang berada di dalamnya. Bisa dikatakan sederhananya lingkungan yang membawa kita kea rah yang buruk atau bahkan bisa bikin terpuruk. Bisakah beradaptasi dengan lingkungan toxic? Saya pribadi tidak yakin apakah bisa.

Berusaha untuk beradaptasi dengan lingkungan yang toxic. 

 Kemungkinan cuma ada dua:

  Mental  akan hancur, slowly and painfully, bahkan efeknya bisa sampai ke tubuh/fisik.      

Yap, mental adalah pemengaruh segalanya. Seseorang bisa sembuh dengan mengatur pola pikir positif dan juga terapi yang tepat. Namun jika hanya terapi yang tepat dan pola pikir tidak pernah positif? Bom waktu! Hanya menghabiskan biaya, waktu, dan tenaga saja tanpa mendapatkan hasillnya. So? Mental adalah hal yang penting

 Kamu akan menjadi sama dengan orang-orang yang toxic dan menyebarkan racun yang sama ke orang lain.

YA! Exactly, lingkungan memengaruhi bagaimana pribadi seorang tersebut. Bisa bayangkan, jika pada awalnya kamu baik-baik saja, tapi terpengaruh? Its okay jika bisa sadar. But? Rata-rata orang ga menyadarinya karena lingkungan seolah menormalisasi hal yang sebenarnya abnormal.

 

Nah, gimana nih jika perempuan berada di lingkungan toxic?

Lingkungan toxic bagi perempuan, mengekang kebebasan perempuan berkarya, malah lebih sering terjadi.

 

“Kamu tuh, jadi perempuan jangan sekolah tinggi-tinggi nanti laki-laki takut sama kamu,”

“Jadi perempuan itu ya harusnya di rumah aja ngurus anak sama suami,”

“Perempuan itu ga boleh punya gaji lebih dari suami, nanti kasian suaminya,”

“Kamu tuh perempuan, ya harusnya itu jangan terlalu pintar lah,”

“Kamu tuh perempuan ya jangan terlalu berani lah,”

 

There is sedikit banyak yang dialami perempuan-perempuan saat ini.  Ya, menganggap perempuan hanya sebagai objek pemuas dan tidak memandang perempuan sebagai makhluk yang harus disayangi. caelaah

 

Nah, sekarang saya mau bahas beberapa prinsip di hidup yang menurut saya baik perempuan ataupun laki-laki mungkin bisa memiliki beberapa prinsip yang sama?

Prinsip ini yang mampu membangun pola pikir yang baik dan positif yang berdampak terhadap banyak hal di hidup kita.

 

Prinsip sederhana ini dapat menyadarakan dan membawamu keluar dari lingkungan toxic harusnya, tapi ya faktanya menarik diri dari lingkungan yang toxic cukup sangat sulit.

 1.     Jangan meremehkan perasaan orang lain

In my opinion, emotion takes so much energy people might not realized. 

Emosi dan perasaan adalah hal yang tidak terlihat. Namun, sangat menguasai diri seseorang. Perasaan bukan hal yang main-main, pernah ada orang yang sampai membunuh orang lain karena perasaanya tidak dihargai kan? Hargai perasaan orang lain. Perasaan ini dimiliki oleh laki-laki dan perempuan, tapi kerap kali laki-laki yang menunjukkan perasaannya kerap dianggap lemah. Padahal perasaan itu milik dan hak segala manusia, jadii kalau ada laki-laki yang menangis itu hal yang normal, jangan menapis perasaan itu yaa.

2.     Brain, beauty, behavior come together.

Yap. Ketikanya sinambung dan berhubungan. Jangan sampai ada yang tertinggal. Seimbangkan ketiganya sebaik mungkin. Ini sebenarnya prinsip untuk self love dan upgrade diri menjadi lebih baik, dengan adanya ketiga hal ini kita akan mudah memandang dunia dengan lebih luas.

 3.     Negosiasi. Skill yang sanagt penting sekarang, bahkan bisa sangat super power.

Jangan hanya bisa menuntut atau malah mengemis sama orang lain, pakai otot pula. Ini hal yang paling utama yang bisa dilakukan, sebagai seorang perempuan kerap kali dihadapi di suasana dilema. Skill negosiasi akan menjembatani keduanya sehingga bisa mengambil keputusan yang baik.

 4.     Jangan mengusik privasi orang. Ini penting jangan mengusik kalau tak mau disuik, hal ini berlaku juga dengan lisan, ketikan, hujatan, dan lainnya. Jangan mengganggu hidup orang lain. Hal ini berdampak positif, kita akan mampu fokus pada goals dan tujuan kita.

 

So, stay classy dear!

Get notifications from this blog

Halo! Terima kasih sudah membaca.