[PENGALAMAN] Kumpul Bareng Earth Hour 2019


                                 
             Assalamualaikum teman, hari ini Rani menghadiri suatu acara yang sangat bermanfaat yaitu Mini Kumbang Earth Hour 2019 yang diadakan oleh WWF Indonesia acara ini dilakukan selama dua hari mulai tanggal 9 Februari hingga 10 Februari 2019 di Dilo Banda Aceh. 
Nah, hari ini Rani mau berbagi sedikit info tentang apa itu Earth Hour.
                 Earth Hour, bisa diartikan jam bumi itu adalah agenda setiap tahun yang dilakukan pada bulan maret. Agenda ini dilakukan setiap tahunnya dengan cara mengajak seluruh masyarakat di dunia untuk  menghemat energi dengan cara mematikan perangkat terhubung listrik yang tidak digunakan selama satu jam pada waktu yang telah ditentukan biasanya di akhir bulan maret.
           
Menurut Wikipedia :

Sebuah kegiatan global yang diadakan oleh World Wide Fund for Nature (WWF) pada Sabtu terakhir bulan Maret setiap tahunnya. Kegiatan ini berupa pemadaman perangkat listrik yang tidak diperlukan di rumah dan perkantoran selama satu jam untuk meningkatkan kesadaran akan perlunya tindakan serius menghadapi perubahan iklim. Kegiatan yang dicetuskan WWF dan Leo Burnett ini pertama kali diselenggarakan pada tahun 2007. Saat itu, 2,2 juta penduduk Sydneyberpartisipasi dengan memadamkan semua lampu yang tidak diperlukan. Setelah Sydney, beberapa kota di seluruh dunia ikut berpartisipasi pada Earth Hour 2008. Earth Hour 2016 akan dilaksanakan pada 19 Maret 2016 pukul 20.30 sampai 21.30 waktu setempat.




Nah, jadi Earth Hour ini memiliki misi untuk penghematan energi bagi dunia. WOW!
Bersyukur banget bisa gabung di agenda KUMBANG atau Kumpul Bareng dan bahas masalah tentang isu lingkungan kita.
Acara Mini Kumbang Earth Hour  ini juga membahas bagaimana cara kita berpartisipasi dalam agenda besar ini, caranya cukup sederhana
  MEMATIKAN SEMUA PERANGKAT TERHUBUNG LISTRIK YANG SEDANG TIDAK DIGUNAKAN

                Hal ini dimaksudkan agar menjadi kampanye serentak seluruh dunia dalam menghemat energy.
Nah, kapan ni Earth Hour 2019 di agendakan
Jam Bumi 2019. 20.30 - 21.30
Sabtu

30 Maret
Semua waktu dalam Waktu Indonesia Barat.
Nah, sebagai warga negara yang peduli lingkungan jangan lupa ikut berpartisipasi di agenda ini!

Mengapa harus satu jam? Nah, mengingat ketika satu rumah tangga mematikan perangkat dengan sukarela selama satu jam, dalam satu desa, dalam satu kecamatan, dalam satu kota, dalam satu provinsi, dalam satu pulau, dalam satu negara, dan bahkan dunia bisa dibayangkan bagaimana dampak positifnya?

Nah, mengapa harus listrik? Dapat kita ketahui bahwa konsumsi utama manusia adalah listrik. Hampir semua hal terhubung dengan listrik, dengan adanya tindakan sukarela kita dengan peduli pada isu lingkungan terutama dimulai dari hal sederhana maka kita telah membuat perubahan pada dunia!

Namun, di acara mini Kumbang ini tidak hanya membahas tentang Earth Hour loh! ada juga sesi pengenalan Dilo Banda Aceh yang berkontribusi banget bagi perkembangan dunia digital di Banda Aceh  maupun di Aceh sendiri serta kami juga diberi materi bagaimana caranya memaksimalkan potensi gawai untuk melakukan proses yang berkaitan dengan audiovisual. Ya, diajarkan bagaimana caranya mengambil video dengan gawai namun tetap terlihat profesional, asal ada tips dan trik nya serta teknik yang apik!
  
Materi tentang phone videography
Introducing Dilo Banda Aceh


       Nah, saat acara ini beberapa poin penting yang rani dapat saat sesi materi tentang proses membuat video dengan gawai atau phone videography :

1. Lighting
  Pencahayaan yang baik, biasanya gawai akan bekerja optimal jika berada di luar ruangan, hal ini dikarenakan adanya cahaya natural dari alam eaaa :)

2. Horizontal
   Sebaiknya pengambilan gambar dilakukan secara horizontal, atau landscape hal ini agar pada saat proses pengeditan maka video akan full di layar sehingga tidak adanya bayangan hitam di kiri kanan video.

3. Teknik
  Pengambilan gambar yang sederhana, namun dengan sudut pandang atau angle yang berbeda akan menghasilkan video layaknya seorang profesional.

4. Momen
   Perhatikan momen yang penting, bagus, dan unik, karena momen lah yang merupakan konten yang diinginkan oleh penonton nantinya.


  Nah, itu sih ringkasan yang rani dapatkan selama ikut Kumpul Bareng dan belajar bareng di Dilo Banda Aceh hari ini!

            Jangan lupa berpartisipasi pada Earth Hour 2019!!




Tidak ada komentar