[PENGALAMAN] TANAH SUCI, BAGAIMANA DENGAN MANUSIA?



                             
  
       Assalamualaikum, semua, mungkin  minggu ini Rani jarang banget update, hal ini dikarenakan sedang menunaikan ibadah umrah di tanah suci. Hal ini membuat Rani fokus  beribadah umrah dan hanya menulis di caption instagram Rani.

Nah, Makkah dan Madinah  adalah kota suci umat muslim seluruh dunia.  Segala hal yang diperintahkan maupun dilarang oleh Allah akan mendapatkan ganjarannya baik secara langsung, maupun tidak langsung.

Banyak banget  orang yang baru pertama kali ke Tanah suci merasa kagum, menangis, terharu, dan bahagia.

Ya, kali ini Rani akan mengungkapkan hal UNDERCOVER yang mungkin bagi kalian yang hendak ke tanah suci, agar mampu lebih mudah beradaptasi disana nantinya! Tanah Suci, namun tentu manusia penuh dosa! Begitu pun Rani! Ini based on true story!


1.       CALO HAJAR ASWAD

Sahabat semua, kita pasti tau mencium hajar aswad adalah impian semua orang. Ya, mungkin karena perjuangannya yang heroik dan merasa berkah setelah melakukannya karena hanya orang-orang tertentu yang bisa, padahal TIDAK juga! Banyak sekali modus terhadap para jamaah yang polos dan merasa kebingungan dengan modus yang sangat manis!

                “Ibu, mau saya bantu cium hajar aswad”

                “Ayo ibu, pegang pundak adik saya”

                “Ibu, itu naik ibu naik”

Setelah para jamaah mampu mencium hajar aswad maka bersiaplah ‘diperas’ ada yang 1000 SR, 100 SR, dan bervariasi, tergantung kemudahan mengelabui korban, dan memintanya dengan memaksa. Wow! Lengkapnya akan Rani buat postingan yang terpisah!


2.       KEHILANGAN

Nah, seperti kita ketahui bahwa manusia banyak khilaf dan dosa. Terkadang hal-hal yang dilarang Allah pun dilanggar di tempat yang mustajab dan sakral! Astaghfirullah.

Kejadian ini dialami langsung oleh jamaah asal Medan, kebetulan satu rombongan dengan Ayah dan Mama rani saat umrah. Jamaah tersebut kehilangan dompetnya pada saat tawaf, astaghfirullah! Hal ini agar membuat diri kita tetap tawakkal dan juga mawas diri, ya!


3.       SANDAL LOST

Nah, ini tu paling sering! Kehilangan sandal atau sepatu, waktu ke nabawi tahun 2017 Rani kehilangan tiga pasang sandal yang Rani gunakan, dan pulang hanya dengan kaus kaki alias nyeker mwhehehehehh!. Ya ini bisa dan kenapa terjadi, karena banyaknya orang buru-buru setelah keluar masjid dan enggan meneliti lagi sandal atau sepatu siapa yang dibawa pergi, bisa jadi salah mengambil atau lupa dengan posisi sandal atau sepatu diletakkan.


4.       PERTANYAAN USIL PEDAGANG

Ini kerap terjadi pada jamaah perempuan, namun Alhamdulillah Rani belum  ngalaminnya. Pernah Cuma sekali pedagangnya nanya

                “Umur berapa tahun?”

Udah itu doang, selain itu Alhamdulillah selama pelesiran keliling Madinah seputaran Nabawi sendiri aman Alhamdulillah.
Menurut Rani itu pertanyaan tidak pantas, bukan Rani baper atau gimana, tapi ya Rani kan mau beli barang bukan mau kenalan ! aelah wkwkwkwkwk.

Ini biasanya akan terjadi jika perempuan tersebut kelihatan ‘lemah’ alias engga ‘galak’ dari look facenya. Jadi dengan mudah diganggu. Padahal gimanapun keadaannya setiap perempuan berhak dilindungi kan yaaaa!


5.       LEWAT DI DEPAN ORANG SHALAT

Ya, ini memang sering terjadi, bahkan bisa saja setelah bangun sujud kepala menyentuh badan orang lain. Hal ini dikarenakan orang berlomba-lomba shalat di tanah suci dan kadang karena terbatasnya jalan untuk lewat, di depan orang shalat pun jadi! Hmm. Kadang Rani terpaksa juga melakukan hal yang sama, karena memang terpaksa, ya Allah! Ampuni hamba J

6.       SALING MENYIKUT DALAM IBADAH

Ini terkhusus ketika di raudhah, keadaannya itu berdesak-desakan. Raudhah ini terpisah jam ziarahnya antara jamaah laki-laki dan perempuan. Ketika jam ziarah jamaah perempuan, keadaan bising ada yang berteriak, memanggil entah siapa, minta jalan untuk lewat , dan banyak lainnya dengan berbagai bahasa, bisa dibayangkan? Hmm. Padahal kewajiban kita sebagai muslim itu saling kasih sayang terhadap sesama, itu wajib. Sedangkan ziarah adalah sunnah, wallahualam.


                              

Nah, sekian dulu #sharingiscaring semoga kita semua diberikan kesempatan ke tanah suci berjuta kali, amiiin. Jika bermanfaat jangan lupa dibagikan ya!



1 komentar
dita

kadang-kadang saat di tanah suci pun kita lupa akan adab.
sedih sih, soalnya di Islam kan adab harusnya yang terdepan, yang bikin semua jadi kondusif

Reply