√ [PENGALAMAN] PERSIAPAN DAN TIPS AJANG BEAUTY PAGEANT - Heyraneey | Talk Less Write More

[PENGALAMAN] PERSIAPAN DAN TIPS AJANG BEAUTY PAGEANT

 

Kali ini kita bahas dunia beauty pageant lagi yuuk!

 

Banyak yang nggak tahu kalau misalnya di dunia beauty pageant,  itu enggak instan sama sekali untuk terjun dan digeluti. Banyak hal yang harus dipersiapkan. Kali ini saya mau membahas sisi perjuangan yang harus dilakukan untuk bisa terjun ke dunia beauty pageant.

 

Apa sih hal yang harus dilakukan dan dipersiapkan?

 

 Hal yang pertama itu harus latihan berbulan-bulan agar bisa lekuk tubuh bagus dan mempesona, di sini bukan tanpa tujuan. Lekukan tubuh yang bagus akan membuat pakaian yang dikenakan dan dirancang oleh desainer menjadi indah dan pas. Berjalan  di panggung juga harus menggunakan high heels minimal 5 cm ada yang 7 cm atau bahkan ada yang 10 cm, tergantung ketentuan dari agensi dan kompetisi pageantnya. Gunanya apa menggunakan high heels? Keanggunan dan estetika, kaki juga terlihat lebih jenjang, agar baju digunakan itu lebih bagus jatuhnya kemudian juga lebih anggun dan juga lebih percaya diri

 

 Hal yang kedua adalah pola makan, kalau makannya harus diatur banget. Kenapa? Karena untuk tubuh yang proporsional jadi untuk masuk dunia beauty pageant itu kan pasti udah punya ukuran baju ya yang harus digunakan itu seperti apa. Bagi  yang memiliki berat badan berlebih, apalagi jika gampang sekali bertambah kalau makan. Ini akan sangat ketat, karena pola makannya itu harus diatur. Mulai dari kalorinya berapa yang masuk dan kalori yang keluar berapa, agar postur tubuhnya itu tidak kurang dan tidak terlalu berlebih dari ukuran baju yang telah dipersiapkan. 

 

Ketiga, masuk ke dunia beauty pageant ini sangat ditekankan sekali wawasannya luas. Bagi yang sangat tidak suka membaca atau pun tidak suka mengetahui pengetahuan yang baru ini, akan merepotkan karena di dunia beauty pageant itu akan dituntut memiliki pengetahuan yang lebih. Jadi mau nggak mau kamu harus tahu apa yang ditanyakan di depan panggung. Ketika kamu tidak bisa menjawab pertanyaan baik dari juri waktu saat private  interview ataupun QnA di panggung, ini  akan menjadi boomerang

 

Pengetahuan dan berbicara bahasa Inggris, bahasa Inggris ini hampir menjadi kewajiban untuk ikut dunia  beauty pageant  karena Bahasa internasional dan errat kaitannya dengan keseharian jika menjabat, karena memang akan ada pos bahasa Inggris.

 

Jangan lupakan advokasi, advokasi ini sendiri bukan advokat bukan pengacara. Namun, advokasi ini adalah gerakan atau pun sesuatu yang telah kamu atau sedang kamu lakukan. Maksudnya gimana ya,  gerakan yang bisa bermanfaat bagi orang  yang ikut serta begitu. Jadi seberapa bermanfaatnya sih kamu terhadap lingkungan.

HARD TRUTH IS  kamu harus berpenampilan menarik. Bersih dan rapi. Penampilan menarik ini menjadi salah satu penilaian pada awal malah,  karena menjadi seorang publik figure, menjadi seorang yang dilihat banyak orang, tentu penampilan menjadi hal yang penting. Kalau misalnya tinggimu untuk yang tingkat nasional seperti putri Indonesia dan beberapa lainnya itu mensyaratkan minimal 170 kecuali untuk Miss Grand Indonesia itu 180 hari tergantung penyelenggaranya sendiri, umumnya 170 cm tapi kalau untuk Duta Wisata di tingkat daerah umumnya 160 cm  itu cukup dengan berat badan yang proporsional. 

 

Pertanyaan tersering adalah kostum itu bayar sendiri atau gimana ya?

Kostum itu pada saat menjadi finalis sampai malam penobatan itu bayar menggunakan uang pribadi, dan biasanya dengan potongan diskon dari sponsor. Eiitt,, tapi potongan diskon ini tidak serta-merta besar ya tetap merogoh kocek hampir jutaan juga sih untuk terjun ke beauty pageant mulai dari high heels, kostum untuk photoshoot, kemudian make up dan sebagainya. Itu menggunakan uang pribadi, tapi kalau kamu punya banyak relasi sponsor, kamu bisa menggunakan relasi kamu itu sendiri untuk menjadi sponsor sehingga tidak mengeluarkan uang sepeser pun tapi itu tergantung seberapa besar kedekatan kamu dengan pihak sponsor yang ingin kamu ajak bekerja sama gitu. Nanti timbal baliknya ya itu kamu yang paham, sponsor biasanya juga butuh eksposur ya.


Mungkin cukup sekian dulu hal-hal yang harus dipersiapkan untuk terjun ke dunia beauty pageant akan saya bahas ke depannya lagi, see yaaa!

 

Get notifications from this blog

Halo! Terima kasih sudah membaca.