[PENGALAMAN] SELEKSI AJANG BEAUTY PAGEANT AGAM INONG DUTA WISATA ACEH BESAR (2)

Dokumen Pribadi Rani
                                   
Rani mau lanjutin part yang  ini.

Nah, setelah seleksi administrasi dan dinyatakan LOLOS, maka adanya Technical Meeting yang dilakukan untuk memberikan arahan kepada para peserta yang lolos seleksi administrasi. Technical meeting ini dalam bahasa Indonesia dinamakan Taklimat. Nah, Rani mau pake taklimat aja ya dalam penulisan ini!

Nah, saat Taklimat sebenarnya memulai itu penilaian terhadap kandidat, mulai dari ketepatan waktu, kerapian berpakaian, cara hubungan baru atau sosialisasi dengan orang baru, dan banyak lainnya yang menjadi poin penting penilaian. Nah kita skip aja sesi taklimat kita bahas seleksi wawancara ajaa ya!

[SELEKSI WAWANCARA TAHAP 1]

Nah, saat wawancara tahap satu dibagi menjadi beberapa bagian. Ada lima pos tempat wawancara yang akan dan harus dilalui peserta.

 Pos pertama [KEBUDAYAAN]

Nah, saat pos kebudayaan ini menggunakan bahasa Aceh saat wawancara. Di pos ini bakalan ditanyain banget tentang kebudayaan terutama kebudayaan yang dekat dengan tempat tinggal kamu hal ini akan ditanyain lengkap dalam bahasa Aceh semuanya. Nah, ada juga ni bakalan disuruh nampilin seni. Apapun itu. Seni daerah Aceh passtinya. Saat itu Rani tampilin nari, yaitu nari kreasi dan juga ratoh jaroe. Tari itu Rani tampilkan dan sedikit nyanyian pengiring dalam bahasa Aceh. Nah, di pos ini ada beberapa pertanyaan yang mau Rani bagikan.
1.       Ceritakan tentang kebudayaan yang ada di tempat tinggal kamu!
2.       Wanita di Aceh ketika mengenakan pakaian adat, akan menggunakan salah satu aksesoris yang melekat baik di badan ataupun di kepala, nah coba sebutkan salah satu dan jelaskan maknanya!
3.       Ceritakan tentang kenduri blang !
Pada pos kebudayaan seingat Rani hanya itu pertanyaannya, namun penjelasannya panjang lebar kali tinggi alias luas banget. Pertanyaan tiap orang juga berbeda-beda jadi harus perluas banget wawasannya dan juga penggunaan bahasa Aceh juga harus fasih dan dimengerti ya!

Pos kedua [AGAMA]

Nah, di pos ini bakalan ditanyain tentang agama. Mayoritas muslim jadi secara tidak langsung ini bakalan nanyain tentang agama Islam dong! Nah ada juga tes baca al-quran nya nih. Bacaan al quran yang bagus banget biasanya langsung lolos dari pos ini hehehehe.
Pertanyannya juga ada ni
1.       Sebutkan hukum tajwid
2.       Bagaimana pandangan kamu jika ada nonmuslim yang pergi berwisata ke tempat sejarah religi bernuansa Islam?
3.       Bagaimana pandangan kamu terhadap hukum syariat Islam di Aceh?
4.       Menurut kamu, apakah orang luar akan takut ke Aceh karena syariat Islamnya?


Pos ketiga [KEPRIBADIAN]


Di pos kali ini lebih bertanya seputar aktivitas dan apa yang dilakukan ketika diluar kegiatan ini. Berhubung saat itu Rani masih baru tamat dari SMA yang notabene masih anak muda banget. Ya Rani ceritain kegiatan Rani selama di SMA dan diluar kegiatan yang akan Rani ikutin ini. Ya, sebenarnya ini lebih melihat karakter, apakah antusias atau loyo, apakah semangat atau hanya sekadar ikut-ikutan, intinya lebih melihat pada ‘Orang seperti ini’  yang dicari Duta Rayeuk gitu sih.  Pertanyaan pada pos ini meliputi
1.       Ceritakan tentang diri kamu
2.       Kegiatan apa yang kamu ikuti
3.       Kamu daftar ini apa tidak takut terganggu jadwal yang lainnya?
4.       (ini pertanyaan spesifik) nah, kamu tertarik di dunia literasi ni., kenapa sih tertarik kesitu?
5.       (ini pertanyaan spesifik) apa yang membuat kamu berbeda dan unik?
6.       (ini pertanyaan spesifik) apasih kelemahan kamu?
7.       (ini pertanyaan spesifik) kenapa maunya daftar di Duta Rayeuk, kan banyak tu ajang yang lainnya?
Itu sih, beberapa yang ditanyakan saat di pos kepribadian. Intinya ‘JANGAN BOONG’ jadi diri kamu seutuhnya saja, jangan mengada-ngada jadilah teman si pewawancara agar klop dan mampu meraih titik emosinya pewawancara.

Pos keempat [PARIWISATA]

Di pos ini sebenarnya kayak lebih ngeliat intelejensi sih, atau wawasan dari para kandidat. Hal ini dapat kita liat dari pertanyaan yang ambigu dan kritis. Beberapa kandidat mendapat pertanyaan berbeda dan unik.
1.       Sebutkan tempat pariwisata di Aceh besar yang unik dan jarang dikenal orang lain?
2.       Jelaskan tentang qanun yang ada di Aceh?
3.       Potensi apa yang kamu miliki yang bisa dijadikan aset bagi Duta Rayeuk?
4.       Setuju tidak dengan adanya hukum cambuk?
5.       Bagaimana pandangan kamu tentang hukum cambuk yang ada di Aceh?
6.       (ini pertanyaan spesifik) kan kamu sudah berkecimpung di dunia literasi inih, nah apa saja yang sudah kamu lakukan?
7.       Program apa yang kamu tawarkan untuk perkembangan pariwisata di Aceh ?

Di pos ini bisa dibilang lama banget, tapi makin lama kamu diwawancara maka kemungkinan lolos makin besar ya gak?
Karena lamanya wawancara menandakan bahwa sang pewawancara suka dengan kandidat itu loh! Jadi jangan kesal kalo lama diwawancara itu pertanda mereka tertarikk!

Pos kelima [BAHASA INGGRIS]




  Pos kali ini, ya udah sesuai namanya. Mendeteksi seberapa jago kamu berbahasa inggris. Ya sebenarnya ini sih poin plus aja, kalo kamu gabisa bahasa inggris ga masalah. Soalnya Rani juga melihat bahasa inggris ini urusan belakangan jadi kalo ga bisa bahasa inggris ga papa juga. Pertanyaannya sama dengan pos yang lain hanya saja jawabnya pake bahasa inggris HAHAHA

1.       Ceritakan tentang diri kamu
2.       Kegiatan apa yang kamu ikuti
3.       Kamu daftar ini apa tidak takut terganggu jadwal yang lainnya?
4.       (ini pertanyaan spesifik) nah, kamu tertarik di dunia literasi ni., kenapa sih tertarik kesitu?
5.       (ini pertanyaan spesifik) apa yang membuat kamu berbeda dan unik?
6.       (ini pertanyaan spesifik) apasih kelemahan kamu?
7.       (ini pertanyaan spesifik) kenapa maunya daftar di Duta Rayeuk, kan banyak tu ajang yang lainnya?
 Nah, hampir persis kayak di kepribadian. Dan ya palinng bercanda dan juga mungkin sesekali terbahak, jika lucu. Intinya tenang, pahami, dengarkan, ikuti. Nah, ikuti alur saja agar bisa klop.
Dokumen Pribadi Rani

JURI WAWANCARA TIDAK PERNAH OBJEKTIF, SELALU SUBJEKTIF JIKA KAMU BISA MENCURI SATU HATI JURI SAJA MAKA KAMU LOLOS!

Itu ilmu yang Rani dapatkan saat mengikuti ajang perlombaan. Nah seiring waktu akan paham kenapa bisa seperti ini!!!

SEKIAN dulu postingan dari Rani semoga bermanfaat dan dapat  info yang berguna nya see youuu di postingan selanjutnya!


2 komentar
Lianawati

wah, sulit ya kak Rani audisinya, apa lagi yang bahasa Inggris juga semua harus dijawab bahasa Inggris. dan jurinya sangat subjektif, mesti pinter pinter ambil hati :D

Reply
Rani Salsabila Efendi

Iya kak, karena semua perlombaan yang ada wawancaranya pasti subjektif. Makanya disitu keahlian menarik hati dibutuhkan hehehehe

Reply